Penghargaan

Isran Noor Raih Penghargaan Upakarya Wanua Nugraha 2022 dari Kemendagri

  •   Khajjar Rohmah
  •   25 November 2022
  •   11:30am
  •   Penghargaan
  •   845 kali dilihat

Jakarta – Gubernur Kalimantan Timur (Kaltim) Ir. Isran Noor meraih penghargaan Upakarya Wanua Nugraha 2022 dari Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri). Penghargaan itu diberikan sebagai apresiasi atas keberhasilan Gubernur Kaltim dalam pembinaan desa/kelurahan.

Keberhasilan pembinaan desa di Kaltim terbukti dengan peraihan juara pertama dalam Lomba Desa/Kelurahan Tingkat Nasional Regional III Tahun 2022 pada Pekan Inovasi Perkembangan Desa dan Kelurahan (PINDeskel).

Penyerahan penghargaan Upakarya Wanua Nugraha 2022 diserahkan Wakil Menteri Dalam Negeri, John Wempi Wetipo di Gedung Sasana Ditjen Bina Pemerintahan Desa Kemendagri, Jakarta, Kamis (24/11/2022). Penghargaan itu diterima langsung oleh Wakil Gubernur Kaltim, Hadi Mulyadi mewakili Gubernur Kaltim.

Upakarya Wanua Nugraha diberikan kepada kepala daerah sebagai pembina desa juara lomba desa dan kelurahan tahun 2022 atas prestasi dan komitmen dalam memajukan desa dan kelurahan di wilayahnya.

Selain Kaltim, penghargaan juga diberikan kepada  gubernur di enam provinsi lain. Yakni Gubernur Jambi, Jawa Barat, Maluku, Bangka Belitung, Jawa Tengah, dan Nusa Tenggara Barat.

Sementara tingkat kabupaten/kota, penghargaan Upakarya Wanua Nugraha 2022 diberikan kepada delapan bupati wali kota. Di antaranya Bupati Tanjung Jabung Barat, Bupati Bandung, Bupati Berau, Bupati Kepulauan Taliban, Bupati Bangka, Wali Kota Surakarta, Wali Kota Balikpapan dan Wali Kota Mataram.

Wamendagri John Wempi Wetipo, memberikan apresiasi kepada kepala daerah sebagai pembina desa dan kelurahan yang telah menerima penghargaan Upakarya Wanua Nugraha tahun 2022.

Terkhusus kepada Kalimantan Timur yang pada tahun ini menghantarkan Desa Terbaik pertama dan Kelurahan terbaik pertama di regional III wilayah Kalimantan dan Sulawesi.

“Saya ucapkan selamat kepada Kalimantan Timur yang desa dan kelurahannya menjadi juara satu wilayah Kalimantan dan Sulawesi,” ungkapnya.

Wamendagri juga memberikan apresiasi kepada seluruh pemerintah desa dan kelurahan yang meraih prestasi terbaik dalam lomba desa dan kelurahan tahun 2022. Menjadi yang terbaik diantara 75.266 desa dan 8.498 kelurahan yang ada di Indonesia.

Keberhasilan yang dicapai ini merupakan buah dari kerja bersama seluruh pihak desa dan kelurahan, dengan peran pemerintah daerah yang bekerja keras, berinovasi memanfaatkan potensi yang ada, sehingga mampu meningkatnya kinerja desa. Dengan peningkatan tata kelola desa dan meningkatnya kesejahteraan masyarakat di desa dan kelurahan.

“Saya menberikan apresiasi atas gelaran lomba desa dan kelurahan ini,” pungkasnya. (KRV/pt)