Penghargaan

Anugerah ASN Berprestasi, Aswin: ASN Harus Pacu Semangat Berprestasi

  •   Rizky Yusuf
  •   20 Desember 2022
  •   3:52pm
  •   Penghargaan
  •   1125 kali dilihat

Samarinda - Guru Besar Fakultas Pertanian Universitas Mulawarman ,Prof. Dr. M. Aswin menjadi salah satu penerima penganugerahan penghargaan Aparatur Sipil Negara (ASN) berprestasi dari 186 PNS dilingkungan Pemerintah Provinsi Kaltim.

Penghagaraan tersebut diberikan secara langsung oleh Wakil Gubernur Kaltim, H. Hadi Mulyadi sebagai bentuk penghargaan dari Negara terhadap PNS yang telah bekerja dengan penuh kesetiaan kepada Pancasila, UUD 1945 dan Pemerintah sehingga dapat dijadikan teladan bagi pegawai lainnya maupun di dalam masyarakat.

Ditemui usai acara, Aswin mengatakan penganugerahan tersebut dinilai sangat penting bagi para ASN yang berprestasi. Selain, memberikan motivasi untuk meningkatkan kinerja serta mengembangkan sikap keteladanan bagi setiap ASN, juga mendorong semangat melahirkan karya terbaik bagi kemajuan Daerah.

"Saya kira prestasi ini penting untuk kita semua karena, dengan adanya penghargaan ini tentu akan menambah semangat kita agar bisa lebih memacu diri kita lebih berprestasi,"ujar mantan Kepala Bappeda Provinsi Kaltim di Pendopo Odah Etam, Selasa (20/12/2022).

Diketahui Dasar Hukum Penganugerahan tersebut melalui Keputusan Presiden Republik Indonesia Nomor 63/TK/Tahun 2022 tentang Penganugerahan Tanda Kehormatan Satyalancana Karya Satya.

Peraturan Gubernur Nomor 70 Tahun 2019 tentang Pedoman Pemberian Penghargaan kepada Pegawai Negeri Sipil Berprestasi dan Keputusan Gubernur Nomor 800/K 128/2022 tentang Penetapan Persyaratan Umum dan Persyaratan Khusus Pemberian Penghargaan Bagi Pegawai Negeri Sipil Berprestasi di Lingkungan Pemerintah Provinsi Kalimantan Timur.

Kemudian, Keputusan Gubernur Nomor 800/K.561/2022 tentang Penetapan Pegawai Negeri Sipil Berprestasi di Lingkungan Pemerintah Provinsi Kalimantan Timur.

Aswin membeberkan, adapun beberapa tahapan yang telah dilalui adalah mulai dari tahap seleksi administrasi, seleksi wawancara oleh Tim Assessor terakhir tes kesehatan jasmani dan rohani oleh Tim RSJD Atma Husada.

"Alhamdulillah, prosesnya yang agak sedikit berat itu adalah mengurus kesehatan, mengurus berbagai peryaratan itu tetapi dengan bantuan kawan-kawan di kantor ini bisa berjalan dengan lancar,"tambah Aswin.

Dirinya berharap dengan diberikannya penghargaan tersebut, juga memberikan motivasi kepada ASN untuk berperan secara aktif dalam pembangunan di daerah.

"Harapannya, mudah-mudahan banyak kawan - kawan yang dapat berprestasi dan bisa membangun daerah ini dengan baik,"tutupnya. (rey/pt)