Penghargaan

Agustianur Presentasi Uji Kepatutan Anugrah Tinarbuka 2023

  •   Teguh Prasetyo
  •   30 Maret 2023
  •   8:56am
  •   Penghargaan
  •   438 kali dilihat

Jakarta - Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga Provinsi Kalimantan Timur, Agus Tianur menjadi salah satu nominator yang akan mengikuti presentasi Uji Kepatutan dan Kelayakan Anugerah Tinarbuka 2023 kategori Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) yang digelar Komisi Informasi Pusat di Hotel Atria Jakarta, Selasa (28/3/2023).

Masuknya Kadispora Kaltim Agus Tianur merupakan usulan dari Komisi Informasi Kaltim yang didasarkan pada hasil penilaian terhadap monev keterbukaan informasi publik, dimana dibawah kepemimpinan Agus Tianur, Dispora Kaltim yang di tahun 2020 hanya berpredikat "cukup informatif" mampu meloncat di tahun 2021 dan 2022 dengan predikat "informatif".

"Kita mengusulkan pimpinan tiga besar berdasarkan hasil monev Keterbukaan Informasi tahun 2022 di tiga kategori yang ada ke Komisi Informasi Pusat, namun dari hasil seleksi administrasi hanya dua yang masuk, yakni Kadispora Kaltim Agus Tianur dan Walikota Samarinda Andi Harun," kata Ketua Informasi Kaltim Ramaon D Saragih didampingi Komisioner Bidang PSI Komisi Informasi Provinsi Kaltim, Muhammad Khaidir yang turut hadir di acara pembukaan (27/3/2023). 

Anugerah ini merupakan bagian dari upaya Komisi Informasi Pusat dalam mendorong keterbukaan informasi berdasar Undang-Undang Nomor 14 Tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik.

"Nantinya penganugerahan akan diberikan dalam puncak Hari Keterbukaan Informasi Nasional (HKIN) yang rencananya digelar 4 Mei mendatang," jelas Donny dihadapan para nominator dan tamu undangan yang hadir.

Tinarbuka juga bertujuan untuk menilai komitmen dari pimpinan lembaga terhadap pelaksanaan keterbukaan informasi.

Untuk tahun 2023, Anugerah Tinarbuka dibagi dalam tiga kategori, yakni Bupati/Walikota, Kepala Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD), serta penyelenggara pemilu tingkat provinsi. 

Diskominfo Kaltim menonton dari channel youtube Komisi Informasi Pusat saat Kadis Pemuda dan Olahraga melakukan presentasi dihadapan panelis yang dipimpin langsung oleh Arya Sandhi yudha Wakil Ketua Komisi Informasi Pusat, Panji Saputra dari Kemen PANRB, Regatadea dari dari Kemendagri, Fadli Ilham dari Kementrian Bidang Politik Hukum dan Keamanan. 

"Ketika baru menjabat sebagai Kadis Pemuda dan Olahraga tiga Minggu, saya menerima nilai KIP Dispora Kaltim diangka 75 atau predikat Cukup Informatif, saya tergelitik untuk memecahkan permasalahannya, karena tentu KIP ini sudah jelas dengan adanya Undang - Undang nomor 14 tahun 2008 yang mengatur itu," tegasnya. 

Di era kepemimpinan Agustianur, dalam kurun waktu satu tahun nilai KIP Dispora Kaltim meningkat tajam hingga menduduki nilai tertinggi di OPD Pemrov Kaltim. 

"Saya pribadi memegang komitmen ini, dimanapun saya akan memimpin, akan terus menjalankan amanah UU KIP dengan beragam inovasi pelayanan informasi. Hasilnya Desember 2022 nilai IKP Dispora kembali naik menjadi 97,75 artinya komitmen menjadi kunci dalam memenuhi pelayanan prima untuk masyarakat," Imbuhnya.

Dispora Kaltim terus bertransformasi guna mewujudkan pelayanan prima. 

"Dimulai dengan membuat ruang pelayanan informasi publik kemudian membangun sistem informasi data pemuda dan olahraga E-Buku Tamu, E-Form permohonan informasi bahkan mengangkat pegawai yang bersertifikasi sebagai juru bahasa isyarat guna memberikan pelayanan bagi penyandang disabilitas," terangnya membeberkan. 

Sementara Tim Penilai mengagumi pelayanan dan komitmen yang diberikan Dispora Kaltim untuk masyarakat. (tp/pt)