Penghargaan

ADLG Award 2022 untuk Sekda Diserahkan Wakil Mendagri di Jakarta

  •   Khajjar Rohmah
  •   28 Februari 2023
  •   8:29pm
  •   Penghargaan
  •   740 kali dilihat

Jakarta - Askompsi Digital Leadership Government (ADLG) Award dengan kategori Leading Change & Influence merupakan penilaian untuk para Sekretaris Daerah (Sekda) yang mampu mengarahkan perubahan dan memberikan teladan dalam tindakan sebagai Kepala Administratif Pemerintahan menuju digitalisasi di daerahnya.

ADLG Award digagas oleh Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) dalam hal ini Direktorat Pembangunan Daerah bekerja sama dengan Asosiasi Dinas Kominfo Provinsi Seluruh Indonesia (Askompsi).

Penyerahan Award ini dirangkai dengan pembukaan Rapat Koordinasi Teknis (Rakortek) Perencanaan Pembangunan Tahun 2023 bertempat di Hotel Borobudor Jakarta. Dilaksanakan secara hybrid dengan diikuti oleh pemerintah provinsi dan pemerintah kabupaten/kota seluruh Indonesia.

Acara penyerahan ADLG Award diserahkan secara langsung oleh Wakil Menteri Dalam Negeri, John Wempi Wetipo.

Dalam sambutannya, ia menyampaikan pentingnya koordinasi perencanaan pembangunan. Agar ada benang merah antara pemerintah pusat dan pemerintah daerah dalam mewujudkan digitalisasi pemerintahan.

“Dalam rangka menyikapi kebutuhan akan tata kelola pemerintahan yang bersih, efektif, transparan, dan akuntabel. Serta pelayanan publik yang berkualitas dan terpercaya. Maka diperlukan Sistem Pemerintahan Berbasis Elekteronik (SPBE) yang telah diatur dalam Peraturan Presiden Nomor 95 Tahun 2018," kata Wamendagri John Wempi Wetipo, Selasa (28/2/2023).

SPBE dapat dipahami sebagai penyelenggara pemerintahan yang memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi untuk memberikan layanan kepada masyarakat atau pengguna SPBE.

“Pelaksanaan SPBE telah tertuang dalam RPJMD 2020-2024 yang ditarget bahwa instansi pusat dan daerah dapat menjalankan dengan baik. Target tersebut 100 persen instansi pusat, 80 persen instansi pemerintah provinsi dan 50 persen pemerintah kabupaten/kota. Semoga penyerapan SPBE ini bisa berjalan dengan baik,” harapnya.

Sejalan dengan target itu, menurut John diperlukan seorang pemimpin yang dapat menjalankan orchestra dengan baik. Peran pimpinan itu, ada pada Sekretaris Daerah.

Senada, Ketua Askompsi Sudarman menyebut, Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) di setiap daerah, tidak bisa sendiri dalam menjalankan SPBE.

"Ini hanya bagian darinya saja. Harus bersama-sama perangkat daerah lain serta membutuhkan dirijen yang mempunyai digital leadership yang baik,” pungkasnya. (Mf/KRV/pt)

 

Berikut daftar penerima ADLG Award Tahun 2022 yang menerima penghargaan langsung dari Wakil Mendagri. 

 

1. Sekda Provinsi Bali: Drs. Dewa Made Indra, MSi

2. Sekda Provinsi Jabar: Dr.Ir. Setiawan Wangsaatmaja, Dipl, SE, M.Eng

3. Sekda Provinsi Sumsel: Ir. SA Supriono

 

1. Sekda Kota Bandung: Drs.H. Ema Sumarna, MSi

2. Sekda Kota Magelang: Drs. H. Joko Budiyono, MM

3. Kota Tangerang: Drs. Herman Suwarman, MSi

 

1. Sekda Kabupaten Sumedang: Drs. Herman Suyatman, MSi

2. Sekda Kab. Sukoharjo : Widodo, SH, MH

3. Sekda Kab. Tangerang: Drs. H. Moch. Maesyal Rasyid, MSi

 

Untuk diketahui, penilaian ADLG Award 2022 telah dilakukan sejak tanggal 21 Oktober – 6 Desember 2022. Dengan menggunakan tiga metode penilaian di antaranya:   

1. Penilaian dokumen kerja dan data dukung 

2. Tinjau lapangan

3. Paparan dan interview 

 

Proses penilaian didukung oleh tim penilai sebagai berikut: 

1. Prof. Ir. Dana Indra Sensuse , M.LIS., Ph. 

2. Prof. Ir. Zainal Arifin Hasibuan , MLS., Ph.D 

3. Prof. Dr. Muhadjir M. Darwin, M.P.A. 

4. Prof. Dr. Ir. Marsudi W. Kisworo 

5. Dr. Bisyron Wahyudi 

6. Andi Budimansyah M.Kom 

7. Shita Laksmi 

8. Dr. Nelson Simanjuntak, SH, M.S