Pendidikan

Desa Bunga Jadi Hibahkan Lahan 2,5 Ha, SMAN 3 Muara Kaman Bakal Dibangun

  •   Khajjar Rohmah
  •   29 September 2023
  •   1:30pm
  •   Pendidikan
  •   440 kali dilihat

Muara Kaman – Dalam kunjungan kerja ke Muara Kaman, Kutai Kartanegara (Kukar), Gubernur Kaltim Isran Noor juga menyempatkan waktu untuk meninjau SMA Filial Bunga Jadi di kantor desa setempat, Rabu (27/09/2023).

Selain berkeliling ruangan, Gubernur Isran Noor juga menyapa para siswa dan guru SMAN 3 Muara Kaman yang menjadi induk sekolah filial tersebut.

“Hai. Tetap semangat ya belajarnya,” sapa Gubernur Isran Noor.



Soal bagaimana selanjut tentang nasib sekolah tersebut, Gubernur Isran Noor tak memberi satu komentar pun mengingat masa tugas Gubernur Isran Noor dan Wagub Hadi Mulyadi akan berakhir pada 30 September 2023 esok.

Namun, dari langkah Gubernur Isran Noor mau melihat langsung sekolah filial tersebut menunjukkan perhatian yang besar pemimpin Kaltim itu untuk dunia pendidikan.

Sekretaris Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Kaltim, Yekti Utami yang mendampingi Gubernur Isran Noor dalam kunjungan itu mengatakan sebagai dinas yang membidangi pendidikan menengah, pihaknya harus melakukan gerak cepat.

“Minimal tahun 2024 perencanaan sudah harus ada,” kata Yekti.

Menurutnya, antusias anak-anak di Desa Bunga Jadi, Kecamatan Muara Kaman sangat tinggi untuk bersekolah. Sebab itu, Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kaltim akan mengambil langkah segera untuk menemukan solusi terbaik untuk pelajar dan sekolah ini.

Komentar senada disampaikan Kepala SMAN 1 Muara, Kaman Abdul Gani yang menjadi induk sekolah filial tersebut.

“SMAN 3 Muara Kaman memang layak dibangun di sini,” ucapnya.

Sementara, Kepala Desa Bunga Jadi Inna Ismiyati yang juga mendampingi Gubernur Isran Noor dalam kunjungan ke sekolah itu sangat berharap Pemprov Kaltim bisa segera membangun SMAN 3 Muara Kaman di desa itu.

“Kami sudah menghibahkan tanah seluas 2,5 hektare ke provinsi. Harapan kami dapat segera dibangunkan SMA,” pinta Inna Ismiyati.

Dia mengungkapkan bahwa selama ini para siswa hanya bisa belajar di salah satu ruang Kantor Desa Bunga Jadi.

Besar harapan mereka agar sekolah baru bisa segera dibangun dengan SK operasional dan akan berdiri terpisah dari sekolah induk sebelumnya, SMAN 1 Muara Kaman. Mimpi masyarakat di sana, SMAN 3 Muara Kaman akan segera berdiri di desa mereka.  (KRV/pt)

Sumber: Disdikbud Kaltim