Pemerintahan

Rebranding Portal Pemprov Kaltim, Arus Utama Informasi Daerah

  •   Khajjar Rohmah
  •   22 Mei 2024
  •   2:09am
  •   Pemerintahan
  •   134 kali dilihat

Samarinda – Pemerintah Provinsi Kalimantan Timur (Pemprov Kaltim) melalui Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) tengah menyiapkan rebranding pada portal resmi daerah. Pembaruan portal ini dimaksudkan untuk menyegarkan kembali serta memperbaiki tampilan website resmi Pemprov Kaltim agar semakin modern, kekinian, akurat  dan aplikatif sebagai arus utama layanan informasi bagi warga Benua Etam.

Platform website resmi Pemprov Kaltim dengan domain "kaltimprov.go.id" sesuai dengan Pergub Kaltim nomor 4 tahun 2023, memuat informasi tentang Provinsi Kalimantan Timur secara umum. Pengelolaan website tersebut selama ini dilakukan oleh Biro Administrasi Pimpinan Setdaprov Kaltim. Kemudian sejak awal tahun 2024 pengelolaan website diserahkan kepada Diskominfo Kaltim.

Melalui Bidang Aplikasi dan Informatika (Aptika)  Diskominfo mulai menginisiasi rebranding  portal Kaltim mengimbangi perkembangan transformasi digital saat ini.

Dalam Rapat Finalisasi Portal Kaltim, Pranata Komputer Ahli Muda Diskominfo Kaltim, Fery memaparkan, platform rebranding Pemprov Kaltim akan memuat berbagai informasi dari intansi pemerintah daerah, program kegiatan, pers rilis, hingga survei kepuasan masyarakat.  Portal resmi Pemprov Kaltim juga akan selalu mengupdate informasi kegiatan-kegiatan nasional yang tengah berlangsung di Kalimantan Timur.

“Misalnya, terdekat kita ada event MTQ Nasional di Kaltim. Itu juga akan kita tampilkan secara khusus di halaman portal Pemprov Kaltim,” terang Fery dalam Rapat Finalisasi Portal Kaltim secara virtual, Rabu (22/5/2024).



Diskominfo Kaltim menggandeng  pihak ketiga yang bergerak di bidang aplikasi Smart City, PT Enygma Solusi Negeri untuk menggarap platform baru Pemprov Kaltim tersebut.

Direktur PT Enygma Solusi Negeri, Erick Karya Nugraha menjelaskan portal Pemprov Kaltim yang baru akan dikonsep dengan display data analitik berbasis geospasial.

“Jadi kita siapkan juga segmen khusus misalnya dari sisi pariwisata dengan hashtag: Discovery Kaltim, kita cantumkan peta hotel di kabupaten/kota beserta ketersediaan huniannya. Atau data penanganan stunting, semua bisa kita tampilkan dengan display menarik  dalam bentuk poligon atau tampilan lainnya,” jelas Erick.

Fitur media center yang mencakup rubrik pemberitaan juga akan dilengkapi dengan metode Search Engine Optimization (SEO) untuk optimisasi website agar memudahkan pencantuman link informasi yang saling terkait.

Hadir dalam Rapat Finalisasi Portal Kaltim, Kabid IKP Diskominfo Irene Yuriantini, Kabid Statistik Diskominfo Adrie Dirga Sagita, Plt Kabid Aptika Denny Ruliansyah, serta jajaran Diskominfo Kaltim. (KRV/pt)