Pemerintahan

Rapim Akhir Tahun, Pj Gubernur Evaluasi Realisasi APBD 2023 

  •   Khajjar Rohmah
  •   27 Desember 2023
  •   1:20pm
  •   Pemerintahan
  •   433 kali dilihat

Balikpapan – Hari kerja pertama pasca libur Hari Besar Natal 2023, Penjabat (Pj) Gubernur Kalimantan Timur (Kaltim) bersama jajaran kepala Perangkat Daerah (PD) lingkup Pemerintah Provinsi melaksanakan Rapat Pimpinan (Rapim) membahas realisasi APBD 2023. 

Pj Gubernur Kaltim, Akmal Malik didampingi Sekretaris Daerah Provinsi Kaltim Sri Wahyuni serta jajaran asisten, membahas realisasi pendapatan dan realisasi belanja APBD 2023, pengadaan barang dan jasa, rekap Rencana Umum Pengadaan (RUP) 2024, prognosis realisasi APBD 2023, realisasi bantuan keuangan (bankeu), realisasi dana APBN 2023, DAK Fisik, progres RPJMD, serta persoalan inflasi.  

Dalam Rapim tersebut, disampaikan bahwa potensi penyerapan APBD 2023 bisa mencapai 93,79 persen dari pagu perubahan APBD 2023 sebesar Rp 25,3 triliun. Sementara, realisasi Pendapatan Asli Daerah (PAD) per 24 Desember 2023, telah melampaui target sebesar 116,49 persen dari target Rp 9,2 triliun. 

Selain membahas realisasi APBD 2023, dalam rapat pimpinan itu juga dibahas kinerja pelaksanaan pembangunan daerah. Dimana Provinsi Kaltim menorehkan beberapa capaian gemilang. 

Indeks Pembangunan Manusia (IPM) Kaltim per Desember 2023 tercatat sebesar 78,20 yang melampaui IPM Nasional sebesar 73,55. Tingkat kemiskinan Kaltim juga yang sebesar 6,11 persen, masih berada di bawah angka nasional sebesar 9,36 persen. 

Angka kemiskinan itu masih memungkinkan untuk ditekan melihat laju pertumbuhan ekonomi Kaltim yang cukup positif sebesar 6,34 persen. Atau di atas pertumbuhan ekonomi nasional sebesar 5,05 persen. 

Usai mendengar berbagai capaian kinerja dan realisasi APBD, Akmal Malik memuji kinerja para pimpinan PD. Ia bahkan mengaku, sangat menikmati bekerja sama dan berkolaborasi dengan jajaran birokrat Pemprov Kaltim dalam posisinya sebagai Penjabat Gubernur. 

"Saya menikmati kerja sama kita. Semoga kinerja kita ini, bermanfaat bagi Kalimantan Timur," kata Akmal Malik saat memberikan Arahan Direktif dalam Rapat Pimpinan di Borneo Ballroom Novotel Hotel Balikpapan, Rabu (27/12/2023). 

Kendati demikian, Dirjen Otda Kemendagri ini juga memberikan evaluasi kepada jajaran Pemprov Kaltim. Terutama berkaitan dengan capaian realisasi belanja APBD 2023 di tiap Perangkat Daerah. 

"Saya mengevaluasi, pada teknis realisasi belanja. Ke depan, perlu ada antisipasi sejak di proses perencanaan dan mereviu kembali anggaran kas," ungkapnya. 

Turut hadir dalam Rapat Pimpinan Kepala Diskominfo Kaltim Muhammad Faisal, Kepala BPKAD Kaltim Fahmi Prima Laksana, Kepala Bappeda Yusliando, serta seluruh Asisten, Staf Ahli, dan pimpinan PD lingkup Pemprov Kaltim. (KRV/pt)