Pemerintahan

Rakor dan Evaluasi SPBE Digelar, Harapkan Kolaborasi Konsep Smart City Wujudkan Smart Province

  •   Nichita Heryananda Putri
  •   24 April 2024
  •   11:51am
  •   Pemerintahan
  •   197 kali dilihat

Balikpapan - Rapat Koordinasi dan Evaluasi Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik (SPBE) tahun 2024 yang digelar oleh Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) resmi dibuka oleh Asisten Administrasi Umum Sekdaprov Kaltim, di Swissbell Hotel Balikpapan, Rabu (24/4/2024).

Kegiatan ini mengusung tema “Akselerasi Transformasi Digital di Kalimantan Timur : Menuju Ekosistem Digital yang Inklusif dan Kolaboratif” dan dihadiri kurang lebih 200 peserta yang terdiri dari Perangkat Daerah Lingkup Pemprov dan Kab/Kota.

Dalam kesempatan tersebut, Kepala Diskominfo Kaltim Muhammad Faisal menerangkan dalam laporannya bahwa terdapat 2 (dua) aspek penting untuk keberhasilan program SPBE yakni penerapan teknologi dan pimpinan sebagai pengelolanya. Karena itu, dibutuhkan dukungan terbaik kedua aspek tersebut untuk mewujudkan transformasi digital.

“Dalam giat hari ini juga akan disampaikan pengenalan program smart province sebagai konsep kolaborasi smart city di Kaltim. Karena kita tahu sebagian besar Kab/Kota di Kaltim telah melaksanakan program smart city. Pengalaman Balikpapan bisa kita jadikan contoh untuk SPBE ini,” terang Faisal.

Ditambahkannnya, SPBE mendukung semua area perubahan sebagai upaya mendasar dan menyeluruh dalam pembangunan untuk akselerasi birokrasi.

Disamping itu, secara khusus penerapan SPBE utamanya untuk Provinsi Kaltim agar mendukung penerapan sistem, proses dan prosesur kerja yang transparan, efektif, efisien dan terukur.

“Harapannya proses implementasi SPBE bisa berjalan lebih sinergis antar stakeholders untuk mewujudkan perubahan reformasi birokrasi menuju pemerintahan dan kualitas pelayanan publik yang baik,” imbuhnya. (cht/pt)