Pemerintahan

Peringati HSP, Dispora Ajak Pemuda Investasi Sosial

  •   prabawati
  •   29 Oktober 2021
  •   3:02pm
  •   Pemerintahan
  •   338 kali dilihat

Samarinda - Pemuda merupakan penerus masa depan suatu bangsa yang memiliki peran utama terhadap kehidupan masyarakat di masanya.

Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Provinsi Kalimantan Timur menyadari sepenuhnya hal tersebut, terlebih Pemuda Benua Etam akan menjadi bagian penting dari Ibu Kota Negara (IKN) baru nantinya.

Momentum peringatan Hari Sumpah Pemuda (HSP) ke 93 diisi dengan bersama-sama pemuda melakukan sejumlah kegiatan sosial berupa penanaman pohon buah serta pembagian sembako bagi masyarakat tak mampu.
Untuk kegiatan penanaman bibit pohon buah dipusatkan di area Stadion Utama Palaran Jum'at (29/10).

Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga  Prov Kaltim Agus Tianur memimpin langsung kegiatan ini yang juga diikuti seluruh pegawai Dispora Kaltim berdampingan dengan komunitas serta organisasi kepemudaan.

"Pemuda Kaltim harus kita siapkan, salah satunya dengan berinvestasi sosial. Investasi ini lebih bertahan lama, mereka akan belajar menjadi orang yang bermanfaat bagi masyarakat. Nantinya penanaman pohon ini akan dinikmati oleh siapapun, jadi orang berolahraga bisa sambil menikmati buah di sekitarnya," jelasnya.

Penghijauan di area stadion utama dan madya, lajutnya, merupakan salah satu upaya  dalam merawat dan memberi manfaat serta dampak positif bagi lingkungan.

Ada sebanyak 1.000 bibit pohon buah terdiri dari beragam bibit pohon buah antara lain bibit rambutan, durian, jambu, rambai, matoa, Langsat, alpukat dan lainnya yang di tanam di kompleks olahraga terbesar di Kalimantan itu.

Kabid Pengembangan Pemuda Hardiana Muriyani  menambahkan setelah penanaman pohon dilanjutkan dengan penyerahan 200 paket sembako sumbangan IKA Unmul.

"Para pemuda kita bergerak di sekitar Stadion Utama Palaran, jalan Jakarta, jalan Surabaya, dan jalan Pelopor. Kita berharap mereka dapat merasakan langsung kedekatan dengan masyarakat yang tak mampu, sehingga bukan tak mungkin bila mereka memiliki kelebihan dapat berbagi," ujar Hardiana.

Komunitas dan organisasi yang terlibat dalam kegiatan ini diantaranya dari Forum Kewirausahaan Pemuda (FKP), Forum Pemuda Disabilitas Kreatif (FPDK), Pemuda Relawan Indonesia (PRI), JCI Kaltim, Pramuka Peduli, Teman Tuli, Relawan Sahabat Hati, Pelita Bunda Education Centre, PCMI, Purna Paskibraka Indonesia, BPBD, serta Forum TBM. (DisporaKaltim/Prb/ty)