Pemerintahan

Kesbangpol Kaltim Gelar Rapat Persiapan Hari Lahir Pancasila

  •   Khajjar Rohmah
  •   21 Mei 2024
  •   5:11pm
  •   Pemerintahan
  •   210 kali dilihat

Samarinda - Berdasarkan Keputusan Presiden Nomor 24 Tahun 2016, tiap tanggal 1 Juni diperingati sebagai Hari Lahir Pancasila. Segenap komponen bangsa dan masyarakat diharapkan dapat memaknai Hari Lahir Pancasila sebagai dasar dan pedoman dalam menjalani kehidupan berbangsa dan bernegara. 

Melalui Surat Edaran (SE) Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP) Nomor 1 Tahun 2024, peringatan Hari Lahir Pancasila tahun ini akan dilaksanakan melalui upacara di seluruh wilayah Indonesia dan kantor perwakilan Republik Indonesia di luar negeri. 

Menindaklanjuti edaran tersebut, Badan Kesatuan Bangsa dan Politik Provinsi Kalimantan Timur (Kesbangpol Kaltim) menggelar Rapat Persiapan Hari Lahir Pancasila bersama stakeholder terkait. 

Upacara peringatan Hari Lahir Pancasila rencananya akan digelar pada 1 Juni 2024 di Lapangan Parkir GOR Kadrie Oening, Sempaja Samarinda. Kegiatan tersebut bakal dihadiri oleh seribu peserta dari unsur Forum Koordinasi Pimpinan (Forkopimda), organisasi masyarakat, hingga pelajar dan mahasiswa. 

"Biasanya, kita peringati Hari Lahir Pancasila di Kantor Gubernur, kecil-kecilan saja. Hanya dengan 500 orang. Tapi tahun ini, mengingat pentingnya Pancasila sebagai dasar negara, kita peringati dengan upacara yang lebih besar," ujar Kepala Bidang (Kabid) Ideologi Wawasan Kebangsaan dan Karakter Bangsa Kesbangpol Kaltim, Syarifuddin Noor saat memimpin Rapat Persiapan Hari Lahir Pancasila di Ruang Kersik Luway Kantor Gubernur Kaltim, Selasa (21/5/2024). 

Adapun pelaksanaan Upacara Peringatan Hari Lahir Pancasila akan dipimpin langsung oleh Penjabat (Pj) Gubernur Kaltim sebagai Inspektur Upacara (Irup) dan akan dihadiri oleh seluruh unsur pemerintahan di lingkup Provinsi Kaltim, TNI/POLRI, serta perwakilan ormas dan pelajar. (Krv/pt)