Pemerintahan

Jauhar Buka Sosialisasi dan Konsolidasi Kebijakan Baru Pelatihan Manajerial Latsar

  •   prabawati
  •   9 November 2021
  •   4:19am
  •   Pemerintahan
  •   426 kali dilihat

Jakarta - Mewakili Wakil Gubernur Kaltim, Asisten Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat Setdaprov Kaltim H Moh Jauhar Efendi membuka secara resmi Sosialisasi dan Konsolidasi Kebijakan Baru Pelatihan Manajerial Latsar CPNS, Latsar PPPK dan Sosial Kultural yang berlangsung di di Kantor Badan Penghubung Jakarta, Senin (8/11).

Jauhar mengatakan Kebijakan di bidang pengembangan kompetensi ASN akan diberlakukan mulai Tahun 2022. Terutama  terkait Pelatihan Manajerial, Latsar CPNS (pola pelaksanaan dan pembiayaan).

Selain itu juga akan dilakukan pelatihan Sosial Kultural, terutama bagi Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK).

Dia menjelaskan setiap CPNS wajib menjalani masa percobaan selama 1 (satu) tahun yakni Diklat Latsar yang akan dibangun integritas moral, kejujuran, motivasi nasionalisme dan semangat kebangsaan, karakter kepribadian yang unggul dan bertanggung jawab, dan memperkuat profesionalisme serta kompetensi.

Begitu pula halnya dengan PPPK, keberadaannya juga sangat penting dan akan ada pelatihannya tentang Sosio Kultural yang merupakan pengembangan kompetensi lebih ke aspek psikologis, komunikasi, dan kerjasama para ASN.

“Semoga melalui sosialisasi ini dapat memberi pemahaman yang lebih luas tentang kebijakan baru pemerintah mengenai pelatihan yang segera dapat diaplikasikan dengan baik di instansi masing-masing, khususnya dalam rangka penyamaan persepsi pola latihan dan pembiayaan”, harapnya

Sementar Deputi Kebijakan Pengembangan Kompetensi ASN, LAN, Muhammad Taufiq mengungkapkan bahwa setiap ASN minimal harus mengikuti pelatihan sebanyak 20 jam/tahun. Sedangkan, P3K maksimal mengikuti pelatihan sebanyak 24 jam/tahun.

Penilaian kinerja bulanan atau tahunan sudah tidak tepat. Jenjang hirarki tidak diperlukan. Kondisi pandemi,  globalisasi, milenial, digital memaksa pemerintah untuk melakukan desrupsi atau perubahan besar.

Era desrupsi adalah terjadinya inovasi dan perubahan besar-besaran yang secara fundamental mengubah semua tatanan atau sistem lama ke sistem baru.

(MJE)