Pemerintahan

HUT ke-67, Kaltim Suguhkan Ragam Kegiatan Edukasi dan Pesta Rakyat Meriah

  •   Nichita Heryananda Putri
  •   8 Januari 2024
  •   9:22am
  •   Pemerintahan
  •   645 kali dilihat

 

Samarinda – Merayakan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-67 Provinsi Kalimantan Timur, Gaung kemeriahan semakin terasa. Perayaan ini dimulai pada tanggal 9 Januari 2024 dengan upacara seremonial, diikuti oleh pembukaan Pekan Rakyat Kaltim (PRK), sebuah acara yang yang dipersembahkan untuk mendukung kebahagiaan masyarakat Kaltim.

Sekretaris Daerah Kaltim Sri Wahyuni menerangkan, di tahun 2024 ini kegiatan HUT Kaltim akan sangat meriah namun, tetap memberikan banyak kegiatan edukasi serta pelayanan publik yang mudah dijangkau masyarakat.

“Pesta Rakyat Kaltim menjadi ruang publik bagi sejumlah kegiatan yang mencakup aspek budaya, pendidikan, kesenian, olahraga, hingga berbagai kompetisi menarik yang dimeriahkan oleh kehadiran artis-artis spesial. Kita berikan pengalaman tak terlupakan bagi masyarakat Kaltim dalam merayakan ulang tahun provinsi ini,” terang Sekda saat menjadi tamu pada dialog RRI, Senin (8/1/2024).

Mantan Kadis Pariwisata Kaltim ini juga mengatakan di HUT ke-67 tahun ini Pemprov mencoba menumbuhkan partisipasi dari banyak pihak, salah satunya lewat hadirnya tari massal yaitu tari Jepen Begenjoh yang melibatkan 6007 penari. Terdiri dari siswa sekolah, komunitas, organisasi wanita. Tari massal Jepen Begenjoh ini sebagai nilai tambah HUT Kaltim ke-67 ini dalam pewarisan seni budaya khas Kaltim.

“Kita hadirkan 6007 penari ya karena ini ulang tahun ke-67. Kita ingin semua merasa senang dan bahagia. Meskipun persiapan singkat, tapi kemeriahan tari daerah ini harus kita lakukan setelah penyerahan panji-panji keberhasilan pada upacara nanti,” sebutnya.

Selain itu, lanjutnya, saat ini perangkat daerah semakin berinovasi dan berkreasi memberikan layanan. Karenanya di momen PRK ini masyarakat jangan sampai melewatkan kemudahan pelayanan yang diberikan masing-masing instansi sesuai dengan keperluannya baik dari sisi pelayanan publik, kesehatan, ekonomi, pariwisata, teknologi informasi dan masih banyak lainnya.

“Banyak talkshow, informasi layanan setifikasi, pembagian ribuan bibit pohon buah-buahan dari DInas Kehutanan, Dinas Pertanian dan pelayanan Dinas lain selama 9 – 13 Januari 2024. jadi ini sebuah perayaan yang di mana pemerintah provinsi hadir lewat perangkat daerahnya bersama sama dengan masyarakat,” tutur Sri.

Sebagai wanita pertama yang menjabat sebagai Sekda di Kaltim, Sri Wahyuni terus memberikan arahan agar semua masyarakat Kaltim terlibat meramaikan PRK. Ada pula kegiatan baru yakni Lomba Bekisah garapan Diskominfo Kaltim dan Got Talent yang diperuntukkan bagi karyawan ASN dan Non ASN di Lingkup Pemprov. Hal ini untuk melihat potensi pegawai yang bisa digunakan untuk menunjang pekerjaannya.

“Setiap malam ada kegiatan budaya di panggung. Nanti akan ada juga tournament sepakbola serta sepeda santai yang pastinya akan melibatkan banyak massa. Kita harap moment HUT ke-67 dari kegiatan yang dirancang oleh perangkat daerah bisa menjadi inisiasi komunitas tapi pasarnya juga meluas bagi masyarakat Kaltim,” tutupnya. (cht/pt)

 

foto : RRI