Pemerintahan

Disperindagkop Terus Berupaya Menumbuh Kembangkan Wirausaha Baru

  •   prabawati
  •   27 Oktober 2021
  •   1:02pm
  •   Pemerintahan
  •   331 kali dilihat

Samarinda - Disadari bahwa kondisi koperasi Usaha Mikro Kecil dan menengah (UMKM) di Kaltim masih belum menunjukan kemajuan yang signifikan, baik dari sisi kelembagaan maupun tingkat usaha.

Hal mendasar yang dihadapi adalah terbatasnya akses koperasi UMKM pada sumber daya produktif seperti   permodalan, teknologi, informasi, pasar serta keterbatasan kesediaan dana untuk modal telah menyebabkan koperasi UMKM sulit untuk untuk berkembang.

Mengatasi masalah tersebut Dinas Perindustrian, Perdagangan, Koperasi dan UKM Provinsi Kalimantan Timur selaku bidang teknis terus berupaya keras dalam mengambil langkah-langkah dalam  menumbuh kembangkan wirausaha baru.

"Ini cukup menarik bagi wirausaha baru dalam mengembangkan produknya,"ucap Sekretaris Disperindagkop dan UKM Kaltim Sudihardani pada Pelatihan Desain Produk Kemasan Bagi UMKM dan Pelatihan Penyusunan Laporan Keuangan Koperasi Bagi Pengurus Koperasi, di UPTD Pelatihan Koperasi, Rabu (27/10).

Pria yang kerap disapa Dani ini mengatakan Sumber Daya Manusia (SDM) menjadi faktor penting untuk menggerakan UMKM.

Sangat disadari bahwa kondisi SDM desain kemasan produk pengelolaan koperasi masih rendah baik dari segi keterampilan pengetahuan maupun teknis menajemen.

Untuk itu, para pelaku usaha harus meningkatkan pengetahuan dan keterampilan setinggi mungkin.

Dengan pelatihan desain produk nantinya dapat menghasilkan warna dari produk sendiri, punya desain unggul yang lebih baik.

"Desain produk menjadi hal yang sangat penting dalam menarik orang sehingga berminat untuk membeli,"tungkasnya (Prb/ty).