Pemerintahan

Diskominfo Kaltim Gelar Webinar Strategi Komunikasi Pengelolaan Konten dan Media

  •   resa septy
  •   19 Oktober 2021
  •   12:08pm
  •   Pemerintahan
  •   505 kali dilihat

Samarinda - Perkembangan teknologi informasi dan media sosial saat ini, seraya mendorong pemerintah untuk melakukan perubahan strategi komunikasi yang relevan agar pesan yang dipublikasikan dapat menarik dan bermanfaat bagi masyarakat.

Guna mensinergikan hingga menyamakan indikator kinerja antar pemerintah pusat dan daerah. Dinas Komunikasi dan Informatika Provinsi Kalimantan Timur gelar Webinar “Strategi Komunikasi Pemerintah Daerah dalam Pengelolaan Konten dan Media di Daerah”, bertempat di Hotel Midtown Lantai 2, Selasa (19/10).

Kegiatan ini menghadirkan narasumber, Dr Emilia Bassar selaku CEO Center For Public Relations, Outreach and Communication dan diikuti jajaran Diskominfo serta para Pengelola Kehumasan Kabupaten/Kota se Kaltim.

“Ini menjadi salah satu agenda penting, melihat komunikasi publik saat ini sangat dinamis. Perkembangan teknologi media yang tidak hanya dua arah, tetapi sudah multi arah. Sebagai admin dari media sosial tentu saja dibutuhkan pemahaman yang lebih luas menghadapi opini-opini publik di masyarakat,” ucap Muhammad Faisal selaku Kepala Diskominfo Kaltim pada kesempatannya membuka acara.

Disebutkannya yang kini menjadi tantangan besar ialah Citizen Journalism. Oleh karenanya, strategi komunikasi menjadi ruh dalam perencanaan konten dan pengelolaan media yang berbentuk siklus. Mulai dari menetapkan tujuan, target khalayak, materi konten, menentukan media, memproduksi konten, hingga mengelola media komunikasi publik.

“Mari kita ajak, agar Humas Pemerintah di masing-masing instansi maupun di Diskominfo Kab/Kota bisa membuat konten yang lebih produktif. Sehingga bisa menjadi pengelola konten dan media yang baik. Tentu saja konten ini kita berharap ialah konten yang edukatif, tidak hanya pada saat pandemi maupun setelah pandemi,” tutupnya. (resa/pt)