Pemerintahan

Disambut Hujan, Apel Bulan K3 Tetap Terlaksana

  •   prabawati
  •   9 Februari 2022
  •   12:10pm
  •   Pemerintahan
  •   718 kali dilihat

Samarinda - Disambut rintikan hujan, Apel Bulan Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3) Tahun 2022 tetap terlaksana di Halaman Kantor Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disnakertrans) Kaltim, Rabu (9/2).

Meskipun hujan tidak menurunkan semangat peserta untuk mengikuti apel tersebut. Apel dipimpin langsung Wakil Gubernur Kaltim H Hadi Mulyadi.

Dalam sambutannya Menteri Ketenagakerjaan RI Ida Fauziyah yang dibacakan Wakil Gubernur Kaltim H Hadi Mulyadi mengatakan K3 diperlukan untuk mencegah dan mengurangi terjadinya kecelakaan dan penyakit akibat kerja serta menjamin setiap tenaga kerja dan orang lain yang berada di tempat kerja mendapat perlindungan atas keselamatannya.

Berdasarkan data BPJS Ketenagakerjaan, pada tahun 2019 terdapat 182 ribu kasus kecelakaan kerja dan sepanjang tahun 2020 terdapat 225 ribu kasus kecelakaan kerja, 53 (lima puluh tiga) kasus penyakit akibat kerja yang 11 (sebelas) diantaranya disebabkan COVID-19.

Sepanjang Januari hingga September tahun 2021 terdapat 82 ribu kasus kecelakaan kerja dan 179 (seratus tujuh puluh sembilan) kasus penyakit akibat kerja yang 65 persennya disebabkan karena COVID-19.

Lanjutnya, usia terbanyak yang mengalami kecelakaan kerja adalah pada kelompok usia muda 20 sampai 25 tahun. lni memberikan sinyal bahwa usia-usia muda berpotensi pada kurangnya kesadaran berperilaku selamat.

"Secara khusus saya berpesan kepada teman-teman SP/SB agar menjadikan K3 sebagai objek prioritas perhatian mereka, karena menyangkut keselamatan jiwa dan kesehatan manusia,"tuturnya.

Kecelakaan kerja tidak hanya menyebabkan kematian, kerugian materi, moril dan pencemaran lingkungan, namun juga dapat memengaruhi produktivitas dan kesejahteraan masyarakat.

Kondisi kerja yang aman, sehat dan nyaman adalah kunci utama peningkatan produktivitas dan loyalitas pekerja terhadap perusahaan.

Acara juga dirangkai penyerahan Penghargaan Pencegahan dan Penanggulangan HIV/AID, Penghargaan Pencegahan dan Penanggulangan Covid-19 dan Penghargaan Kecelakaan Nihil bagi Perusahaan di Kaltim.

Diakhir acara dilakukan Demonstrasi  Kedaulatan, K3 Fire Fighting dan First Aid oleg PT. Antareja Mahada Makmur. (Prb/ty).