Pemerintahan

Dianto : Kehadiran Kaltimprov-CSIRT Diharap Bukan Sekedar Papan Nama

  •   prabawati
  •   19 November 2021
  •   4:05pm
  •   Pemerintahan
  •   493 kali dilihat

Samarinda - Keamanan informasi serta data mendapat perhatian khusus, karena sangat penting bagi Pemerintah.

Untuk menjaga sistem keamanan data Pemerintah maka kehadiran Kaltimprov-CSIRT diharap bukan sekedar papan nama.

"Bukan sekedar papan nama saja, tapi kita harus bekerja, berkolaborasi, berkoordinasi dengan kabupaten dan kota untuk memberikan keamanan informasi"sebut Kepala Bidang Teknologi Informasi Komunikasi dan Persandian Diskominfo Kaltim, Dianto belum lama ini.

Meskipun terlihat atau tidak terlihat ke depan pihaknya bersama tim Kaltimprov- CSIRT akan terus menjalankan tugas untuk mengamankan data informasi.

Keberadaan CSIRT sangat krusial di era digital saat ini. Sebab perlu ada yang bertanggung jawab disetiap lembaga saat terjadi serangan siber dan kebocoran.

Sementara, Sumber Daya Manusia dalam pengelolaan CSIRT juga akan terus ditingkatkan sebagai bekal dalam pelaksanaan tugas.

Lanjutnya, untuk hal-hal berkaitan dengan monitoring pihaknya akan terus  berusaha memberikan baik melalui SDM maupun aplikasi yang digunakan.

Tambahnya saat ini Security Operations Center (SOC) belum memiliki, tapi ruangan NOC sudah ada.

"Maka saya harap ada ruangan tersendiri supaya kita bekerja bisa tenang, meskipun tidak permanen tapi kita harus punya ruangan yang bekerja dengan aman dan nyaman,"pinta dianto (Prb/ty).