Pemerintahan

BPSDM Kaltim Akan Tumbuhkan “Agile Leadership” ASN di Era VUCA Lewat Forum JPT

  •   Nichita Heryananda Putri
  •   3 Maret 2022
  •   12:43pm
  •   Pemerintahan
  •   894 kali dilihat

Samarinda - Kompetensi Aparatur Sipil Negara (ASN) khususnya para pemimpin perubahan harus dapat diimplementasikan dalam mewujudkan birokrasi yang lebih lincah guna mengantisipasi segala perubahan yang terjadi di era VUCA (Volatility, Uncertainty, Complexity dan Ambiguity) saat ini.

Melihat hal tersebut, Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BPSDM) Prov Kaltim mengadakan Pengembangan Kompetensi PD-JPT melalui Forum JPT mengangkat tema “Agile Leadership in VUCA Situation” yang akan dilaksanakan Jumat, 4 Maret 2022 mendatang secara virtual.

Kepala BPSDM Kaltim, Nina Dewi menuturkan kegiatan ini dimaksudkan agar meningkatkan pengetahuan dan wawasan yang bersifat strategis berdasarkan isu aktual yang berkembang. Serta, untuk menumbuhkan kesadaran dan sikap tanggap terhadap visi misi Presiden dan visi misi Gubernur/Bupati/Walikota, terutama di era disrupsi sekarang ini.

“Era disrupsi sendiri adalah dimana terjadinya inovasi dan perubahan yg besar-besaran, yang secara fundamental mengubah semua sistem, tatanan dan landscape ke cara-cara baru yakni VUCA. Yang berarti segala sesuatu harus bergerak cepat dalam upaya merespons berbagai perubahan,” tuturnya saat dihubungi melalui sambungan seluler, Kamis (3/3/2022).

Lebih lanjut Nina menjelaskan, dalam rangka mengembangkan strategi untuk membangun pola pikir ASN yang adaptif dan agile organisasi harus menumbuhkan keterlibatan pegawai dan juga membenahi struktur organisasi, sambungnya seraya menambahkan.

Di era VUCA ini dibutuhkan seorang agile leader yaitu pemimpin yang tangkas. Pemimpin yang Agile adalah mereka yang mampu beradaptasi dengan cepat terhadap perubahan lingkungannya, sebutnya.

“SDM yang agile akan membawa organisasi lebih siap merespons perubahan dinamis, mereka tidak kaku dengan rencana dan sangat mendukung fleksibilitas juga inovasi,” imbuh wanita berparas cantik ini.

Adapun Kegiatan Forum JPT menghadirkan narasumber dari Deputi Bidang Kajian dan Kebijakan Pengembangan Kompetensi ASN LAN RI Muhammad Taufik serta diikuti peserta dari pejabat Lingkup Pemprov dan Pemerintah Kota serta Kabupaten di Kaltim. (cht/pt)