Pemerintahan

Bontang Penutup Rangkaian Verlap Penilaian Panji Keberhasilan Pembangunan Bidang PMD 2021

  •   prabawati
  •   4 November 2021
  •   3:35pm
  •   Pemerintahan
  •   260 kali dilihat

Bontang - Kota Bontang menjadi lokasi penutup rangkaian panjang verifikasi lapangan (verlap) penilaian Panji Keberhasilan Pembangunan bidang Pemberdayaan Masyarakat Desa/Kampung dan Kelurahan tahun 2021.

Bontang merupakan nominasi tiga besar penilaian panji bidang PMD kategori kelurahan bersama Kota Balikpapan dan Kota Samarinda yang sudah lebih dahulu diverifikasi lapangan.

"Ini penutup rangkaian panjang verlap kita. Setelah ini tim akan rapat internal menetapkan terbaik I- III untuk kategori desa/kampung dan kategori kelurahan. Terbaik 1 setiap kategorinya akan diberikan Panji Keberhasilan Pembangunan bidang PMD, " ujar Sekretaris Eka Kurniati saat memimpin verlap di Kota Bontang, di Pendopo Walikota Bontang, Rabu (3/11).

Dia berharap seluruh tahapan penilaian panji berjalan lancar dan menghasilkan Kabupaten dan Kota yang memang berhasil dalam pembangunan dan pemberdayaan masyarakat desa/kampung dan kelurahan.

Mengingat pemberian panji keberhasilan pembangunan merupakan apresiasi Pemprov Kaltim bagi Kabupaten dan Kota yang punya komitmen kuat mewujudkan amanat UU No6 tahun 2014 tentang Desa.

"Tentunya tidak hanya punya komitmen, tapi berhasil dalam membangun dan mewujudkan pemberdayaan masyarakat desa, " timpalnya.

Sejalan dengan itu, dia mengaku akan membahas lebih rigid terkait indikator penilaian panji pada tahun depan. Semua bidang harus mampu menginterpretasikan capaian keberhasilan sesuai tugas dan fungsi masing-masing.

Diantaranya memberi nilai lebih bagi kabupaten/kota juara lomba tingkat provinsi dan terlebih berhasil juara nasional. "Kalau sudah juara nasional berarti bagus. Nilainya juga harus bagus, " tegasnya.

Kunjungan Tim Verlap diterima Asisten Pemerintahan dan Kesra M Bahri, Kabag Pemerintahan Surianto, dan perwakilan dari Organisasi Perangkat Daerah terkait lingkup Kota Bontang.

Pada kesempatan itu dilakukan penyerahan secara simbolis berkas profil kelurahan Kota Bontang dari Asisten Pemerintahan dan Kesra M Bahri ke Sekretaris DPMPD Kaltim Eka Kurniati.

Untuk diketahui verlap merupakan tahapan lanjutan penilaian dalam rangka pemberian Panji Keberhasilan Pembangunan bidang PMD tahun 2021.

Pemberian panji akan dilakukan bagi kabupaten/kota terbaik pertama yang akan diserahkan saat Upacara HUT Pemprov Kaltim ke 65, pada 9 Januari 2022. (DPMPDKaltim/Prb/ty).