Pemerintahan

Bersama Perangkat Daerah, DPRD Bahas LKPJ Gubernur Kaltim Tahun 2023

  •   Khajjar Rohmah
  •   18 April 2024
  •   8:06am
  •   Pemerintahan
  •   202 kali dilihat

Balikpapan - Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Provinsi Kalimantan Timur (DPRD Kaltim) menggelar Rapat Kerja Pansus Pembahas Laporan Keterangan Pertanggungjawaban (LKPJ) Gubernur Kalimantan Timur Tahun 2023 bersama Perangkat Daerah (PD) lingkup pemerintah provinsi. 

Dalam rapat kerja tersebut, para kepala Perangkat Daerah memaparkan capaian kinerja, realisasi kegiatan, kendala, serta menerima rekomendasi dan masukan dari DPRD Kaltim. 

Ketua Pansus Pembahas LKPJ Gubernur Kaltim Tahun 2023, Sapto Setyo Pramono menjelaskan, rapat kerja ini bertujuan untuk mengetahui sejauh mana capaian kinerja Perangkat Daerah selama tahun anggaran 2023. Pihaknya juga memberikan masukan perbaikan untuk kinerja Perangkat Daerah agar lebih baik kedepannya. 

"Kita ingin mengetahui kendala kinerjanya apa, capaiannya sejauh mana? Mohon di sini disampaikan secara jujur. Sehingga, kita nanti dapat memberikan solusi agar pemerintahan ini, seiring, sejalan, lancar semua tanpa hambatan. Demi kemajuan dan kemaslahatan Pemprov Kaltim," terang Sapto saat memimpin Raker Pansus Pembahas LKPJ Gubernur Kaltim Tahun 2023 di Hotel Novotel Balikpapan, Kamis (18/4/2024).  

Pembahasan LKPJ dibagi ke dalam beberapa sesi pemaparan. Pada sesi ketiga, hadir empat Perangkat Daerah memaparkan capaian kinerja dan realisasi kegiatan masing-masing di hadapan Pansus Pembahas LKPJ Gubernur. 

Di antaranya adalah Inspektorat Provinsi Kaltim, Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol), Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo), serta Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP).  

Dari pemaparan masing-masing kepala PD, pencapaian realisasi keuangan rata-rata memuaskan dengan capaian realisasi di atas 90 persen. Termasuk realisasi kegiatan dan program kerja sesuai tugas pokok dan fungsi (tupoksi) masing-masing perangkat daerah yang cukup gemilang. 

Seluruh kepala PD berkomitmen akan terus melakukan perbaikan dalam menjalankan program kerja mereka. 

"Dalam target yang kami tetapkan dalam periode lima tahun. Yakni tahun 2019-2023, alhamdulillah hampir sebagian besar tercapai. Terutama terkait tupoksi kami di bidang pengawasan," ungkap Kepala Inspektorat Kaltim, M Irfan Pranata. 

Di tempat yang sama, Kepala Kesbangpol Kaltim, Agus Sufian juga memaparkan capaian kinerja instansinya. Realisasi keuangan Kesbangpol Kaltim tahun anggaran 2023 mencapai 99,38 persen. Disebut menjadi yang tertinggi dari seluruh PD lingkup provinsi. 

Begitu pula dengan Diskominfo Kaltim yang berhasil mencapai realisasi keuangan pada tahun 2023 sebesar 95,88 persen. 

"Anggaran kami meningkat signifikan setiap tahunnya dan alhamdulillah kami mampu melaksanakan program kegiatan secara optimal. Sehingga serapan anggaran juga cukup tinggi," ujar Kepala Diskominfo Kaltim, Muhamad Faisal. 

Raker Pansus LKPJ Gubernur Kaltim berlangsung interaktif. Diisi dengan tanya jawab serta diskusi antara anggota DPRD Kaltim dengan para kepala Perangkat Daerah yang hadir. 

Ketua Pansus, Sapto Setyo Pramono didampingi Wakil Ketua Pansus, Baharuddin Demmu serta dua anggota lainnya, yakni Rusman Yaqub dan M. Udin juga memberikan masukan konstruktif bagi perbaikan kinerja Perangkat Daerah. (krv/pt)