Pemerintahan

APEKSI Jadi Ajang Promosi Wisata

  •   pipito
  •   4 November 2021
  •   6:00pm
  •   Pemerintahan
  •   349 kali dilihat

SAMARINDA-  Kota Samarinda menjadi tuan rumah Rapat Kerja Komisariat Wilayah V Asosiasi  Pemerintahan Kota Seluruh Indonesia (Apeksi) Regional Kalimantan.  Pembukaan Welcome Dinner Apeksi Regional Kalimantan di Hotel Mercure Samarinda, Rabu (03/11/2021) tadi malam.

Gubernur Kaltim, Isran Noor mengatakan menjadi sebuah kebanggaan bagi masyarakat Kota Tepian (Kota Samarinda) karena sudah dipilih sebagai tuan rumah.

“Jadilah tuan rumah yang baik, berikan pelayanan terbaik kepada tamu-tamu kita dari Provinsi tetangga di pulau  Kalimantan,”ucapnya.

Gubernur berharap rapat kerja ini berjalan lancar dan sukses, serta menghasilkan rumusan yang dapat membawa manfaat bagi masyarakat di masing-masing kota yang dipimpin. Terutama dalam menyongsong ibu kota negara baru Indonesia yang sudah ditetapkan berada di Pulau Kalimantan.

Sementara itu, Wali Kota Samarinda, Dr Andi Harun sebagai tuan rumah menyambut hangat kedatangan para Wali Kota se Kalimantan sekaligus mempromosikan berbagai objek wisata kuliner dan andalan lainnya.

“Selamat datang di Kota Samarinda. Semoga pesona Kota Samarinda menarik perhatian dan memberikan kenangan indah bagi bapak dan ibu. Saya berharap pertemuan kita malam ini menjadi momentum yang tepat untuk menjalin keakraban dan mempererat kebersamaan antar Kota khususnya dalam wilayah regional Kalimantan,” ucap Andi Harun dihadapan Gubernur Kalimantan Timur, Isran Noor dan seluruh Wali Kota se - Kalimantan.

Andi Harun menyebutkan potensi Samarinda tidak bisa dilihat dari sumber daya alam saja, tetapi potensi perekonomian yang didukung dengan semangat bebaya sebagai modal utama pembangunan.

“Bapak ibu bisa melihat perkembangan di Kota Samarinda, sebagai contoh brand Coffe Shop baik multi nasional maupun internasional ada di Kota ini, untuk Mall dan pusat perbelanjaan yang diisi oleh Tenant High – end (kelas atas) dan sangat recommended  hingga Mall kelas menengah ada disini, Kota Samarinda juga memiliki ikon pusat kuliner diantaranya yakni Kampung Nasi Kuning yang ada di Jalan Lambung Mangkurat,” ucap Andi Harun.

Bahkan untuk pusat oleh – oleh dan kerajinan, kawasan Citra Niaga menjadi tempat yang direkomendasikan orang nomor satu di Kota Tepian ini. Kawasan tersebut pernah mendapatkan penghargaan di bidang arsitektur yakni Aga Khan Award pada tahun 1989 dan dalam waktu dekat akan direvitalisasi kembali, jelas Andi Harun dihadapan Gubernur dan seluruh Wali Kota se - Kalimantan.  

“Silahkan berbelanja sarung khas Samarinda yang berkualitas baik serta beragam oleh – oleh dan pernak – pernik, bawa sebanyak – banyaknya sebagai tanda mata untuk keluarga dan sahabat ke Kota ibu bapak semua, ibu bapak datang Rapat Kerja sukses kemudian masyarakat merasakan dampak yang positif akibat ada perhelatan Apeksi yang ada di Kota Samarinda, kalau ini bisa kita laksanakan secara bersama disetiap kegiatan Apeksi maka dengan sendiri kita menjadi contoh langsung bagaimana menguatkan ekonomi masyarakat khususnya UMKM,” ujarnya mengakhiri.

Pada kesempatan itu Andi Harun yang juga merupakan Ketua Umum Pengurus Provinsi (Pengprov) Taekwondo Indonesia (TI) Kalimantan Timur, menampilkan kepiawaiannya memainkan seni bela diri dengan mematahkan papan target yang telah disiapkan panitia.

Turut hadir Ketua Umum Apeksi sekaligus Wali Kota Bogor (Jawa Barat) Bima Arya, Wakil Wali Kota Samarinda Rusmadi.  Ibnu Sina selaku Wali Kota Banjarmasin (Kalimantan Selatan) , Aditya Mufti Ariffin selaku Walikota Banjarbaru (Kalimantan Selatan), Fairid Naparin selaku Walikota Palangkaraya (Kalimantan Tengah), Edi Rusdi Kamtono selaku Wali Kota Pontianak (Kalimantan Barat), Tjhai Chui Mie. (diskominfosamarinda/pt)

Foto:IST