Pemerintahan

AMH 2022, Bentuk Apresiasi Terhadap Keberhasilan Komunikasi Publik dan Dukungan Humas

  •   Nichita Heryananda Putri
  •   25 November 2022
  •   1:20pm
  •   Pemerintahan
  •   685 kali dilihat

Sleman– Penyelenggaraan malam Anugerah Media Humas (AMH) 2022 yang mengusung tema Semangat Humas untuk Indonesia Pulih Lebih Cepat Bangkit Lebih Kuat, merupakan bentuk pemberian apresiasi terhadap keberhasilan komunikasi publik dan dukungan hubungan masyarakat kementerian dan lembaga, pemerintah daerah serta BUMN dan perguruan tinggi dalam menyukseskan penyelenggaraan Presidensi G20 Indonesia yang berakhir pada pekan lalu.

“Malam Anugerah Media Humas 2022 itu sebagai bentuk apresiasi atas hasil kerja pemerintah utamanya terkait dengan komunikasi publik perhelatan Presidensi G20 (Indonesia),” ujar Direktur Jenderal Informasi dan Komunikasi Publik Kementerian Komunikasi dan Informatika Usman Kansong, dalam acara Malam Anugerah Media Humas 2022 di Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta, Kamis (24/11/2022).

Dirjen IKP Usman mengatakan, setiap tahun Kementerian Kominfo selalu membuat tema AMH dengan penekanan penekanan pada tema-tema tertentu. Untuk tahun depan, Kementerian Kominfo membuka usulan atau saran tema AMH dari berbagai pihak, khususnya jajaran humas pemerintah, pemerintah daerah, Badan Usaha Milik Negara (BUMN), Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) dan Perguruan Tinggi Negeri.

“(Tema AMH 2022) itu sebetulnya gagasan salah satu juri. Apakah tahun depan kita penekanannya komunikasi publik atau kehumasan untuk menyambut Pemilu 2024 misalnya, itu bisa juga nanti coba kita bikin mekanisme penjaringan pendapat apa tema AMH tahun depan,” kata Usman.

Menurut Dirjen IKP Usman, penyelenggaraan malam AMH 2022 dilakukan secara luring dan daring yang dihadiri sekitar 500 insan humas pemerintah. Selain penghargaan kepada insan humas pemerintah, katanya, AMH 2022 juga memberikan apresiasi kepada penyuluh informasi publik berkinerja baik.

“Khususnya (penyuluh) di wilayah terpencil, tertinggal dan terdepan (3T) dan daerah yang masih memerlukan penyampaian informasi secara tatap muka,” imbuhnya.

Dirjen Usman Kansong memastikan para juri AMH bertindak obyektif dalam melakukan penilaian kepada seluruh humas pemerintah dan tidak dipengaruhi oleh kepentingan instansi manapun. Untuk memastikan obyektivitas juri AMH, Kementerian Kominfo tidak mempublikasikan identitas para juri yang terdiri atas para pimpinan media massa dan profesional di bidangnya.

“Tim juri Anugerah Media Humas 2022 itu memang sengaja kita tidak publikasikan, kita sembunyikan dulu baru malamannya kita tampilkan. Jadi kalau ada hal-hal yang tidak berkenan inilah saatnya mengajukan kepada mereka, tetapi seperti biasa keputusan juri tidak bisa diganggu gugat,” tandasnya.

Penghargaan AMH 2022 diberikan kepada enam kategori, yakni media sosial, siaran pers, website, kampanye komunikasi publik, majalah internal, dan media audio visual. Selain itu juga ada dua penghargaan khusus yakni juara umum dan penghargaan untuk Penyuluh Informasi Publik (PIP). (kominfo.go.id)

Berikut daftar lengkap pemenang AMH 2022:

 

Kategori Siaran pers Media Online

 

Kelompok 1: Kementerian/Lembaga, BUMN, BUMD dan Peguruan Tinggi Negeri

Juara 1: Kementerian Keuangan

Juara 2: Universitas Indonesia

Juara 3:  PT Telkom Indonesia (Persero) Tbk

Kelompok 2 Pemerintah Provinsi (Pemprov)

Juara 1: Pemprov Jawa Barat

Juara 2: Pemprov DIY

Juara 3: Pemprov Gorontalo

Kelompok 3 Pemerintah Kabupaten/ Kota

Juara 1: Pemkot DIY

Juara 2: Pemkot Malang

Juara 3: Pemkab Garut

 

Kategori Media Sosial

 

Kelompok 1

Juara 1: Kemenkeu

Juara 2: PT Pertamina (Persero)

Juara 3: Universitas Gajah Mada

Kelompok 2

Juara 1: Pemprov Kep Babel

Juara 2: Pemprov DKI Jakarta

Juara 3: Pemprov DIY

Kelompok 3

Juara 1: Pemkab Sumedang

Juara 2: PemKot Bandung

Juara 3: Pemkab Tana Tidung

 

Kategori Penerbitan Media Internal

 

Kelompok 1

Juara 1: Kementerian Kelautan dan Perikanan

Juara 2: Badan Pemeriksa Keuangan

Juara 3: Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi Kemendikbudristek

Kelompok 2

Juara 1: Pemprov Jawa Timur

Juara 2: Pemprov DIY

Juara 3: Pemprov Jawa Timur

Kelompok 3.

Juara 1: Pemkot Badung

Juara 2: Pemkab Buleleng

Juara 3: Pemkab Dairi

 

Kategori Kampanye Komunikasi Publik

 

Kelompok 1

Juara 1: Kementerian Keuangan

Juara 2: Kementerian Pertanian

Juara 3: Kementerian Tenaga Kerja

Kelompok 2

Juara 1: Pemprov DKI Jakarta

Juara 2: Pemprov DIY

Juara 3: Pemprov Jawa Barat

Kelompok 3

Juara 1: Pemkot Malang

Juara 2: Pemkot Tangerang

Juara 3: Pemkot Gowa

 

Kategori Website

 

Kelompok 1

Juara 1: Sekretariat Kabinet

Juara 2: Kementerian Sekretaris Negara

Juara 3: PT Telkom Indonesia (Persero0 Tbk

Kelompok 2

Juara 1: Pemprov DKI Jakarta

Juara 2: Pemprov Jawa Timur

Juara 3: Pemprov Jawa Barat

Kelompok 3

Juara 1: Pemkot Yogyakarta

Juara 2: Pemkot Malang

Juara 3: Pemkab Tuban

 

Kategori Media Audio Visual

 

Kelompok 1

Juara 1: Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian

Juara 2: Kementerian Sekretaris Negara

Juara 3: PT Pertamina (persero)

Kelompok 2

Juara 1: Pemprov DKI Jakarta

Juara 2: Pemprov Kepulauan Riau

Juara 3: Pemprov Jawa Barat

Kelompok 3

Juara 1: Pemkot Malang

Juara 2: Pemkab Sumedang

Juara 3: Pemkab Boven Digoel

 

Kategori Juara Umum AMH 2022

 

Provinsi DKI Jakarta