Pembangunan

Warga Desa Rantau Panjang : Terima Kasih Pak Gubernur Isran Noor

  •   Teguh Prasetyo
  •   31 Desember 2022
  •   6:42am
  •   Pembangunan
  •   159 kali dilihat

Tana Paser - Sinyal telepon selular menurun saat memasuki wilayah Desa Rantau Panjang Kecamatan Tanah Grogot Kabupaten Paser. Jaringan operator seluler tidak mampu menjangkau kawasan Bumi Daya Taka.

Maka dari itu, Pemerintah Provinsi Kalimantan Timur melalui Dinas Kominfo di tahun 2022 membuka akses Internet desa menggunakan jaringan Fiber Optic (FO).

Desa Rantau Panjang Kecamatan Tanah Grorot Kabupaten Paser, merupakan satu dari 38 Desa di Kaltim mendapat akses internet.

Sabri selaku Kepala Desa Rantau Panjang mengatakan warga di wilayahnya sangat terbantu dengan adanya internet ini, terutama masalah pelayanan kantor desa.

“Kami sangat terbantu luar biasa, dari sisi pelayanan kami sudah cepat dan juga terbantu untuk anak – anak belajar,” ungkapnya.

Sejak awal tahun 2022, jaringan internet di 38 Desa diberikan dengan kecepatan 50 Mbps/Bulan.

“Dengan adanya jaringan ini masyarakat kami perekonomiannya sangat meningkat, ada beberapa komunitas penjualan yang ada di desa memanfaatkan jaringan ini untuk menjual dagangannya di media sosial,”bebernya.

Tahun depan, lanjutnya akan melanjutkan berlangganan internet dengan Icon+ karena kami sudah merasakan manfaatnya. Karena jika tidak melanjutkan, daerah wilayah akan berjalan mundur.

Adapun antusias warga Desa Rantau Panjang untuk bersalaman dan menyapa Pak Gubernur Kaltim sangat besar. Tampak Ketua APPSI (Isran Noor) ini dengan sabar melayani warga untuk berswa foto dengan masyarakat.

Ditempat yang sama Ita Ramadani merupakan Anggota Badan Permusyawaratan Desa (BPD) Dapil Keterwakilan Perempuan Desa Rantau Panjang mengungkapkan dengan adanya bantuan internet desa yang ditempatkan di kantor Desa Rantau Panjang ini kedepannya semoga dapat menjadikan Desa Rantau Panjang sebagai desa digital yang mampu mengikuti perkembangan zaman.

Selain itu, dengan adanya internet ini dapat meningkatkan perekonomian masyarakat yang mempromosikan produknya di media sosial, Adapun pemanfaatan bantuan internet ini sangat membantu masyarakat dalam mengakses informasi dan pengetahuan di platform digital.

Diakhir obrolan Sabri dan Ita mengungkapkan rasa terima kasihnya kepada Bapak Gubernur Isran Noor yang sudah memperhatikan warga Desa Rantau Panjang. (tp/pt)