Pembangunan

Pemprov Kaltim Terus Bangun Fasilitas Penunjang Peningkatan Perekonomian Masyarakat

  •   Teguh Prasetyo
  •   17 Desember 2022
  •   1:53pm
  •   Pembangunan
  •   607 kali dilihat

Balikpapan - Sudah sepantasnya Tempat Pelelangan Ikan (TPI) dan Pelabuhan Pendaran Ikan (PPI) Manggar Baru Balikpapan ini dibangun dengan fasilitas yang layak. Karena, PPI Manggar Baru Balikpapan merupakan awal dari rantai pemasaran/distribusi ikan di wilayah Balikpapan sebagai penyanggah pangan ikan IKN.

Hal tersebut diungkapkan Gubernur Kaltim, Isran Noor mengawali sambutan pada saat meresmikan Tempat Pelelangan Ikan (TPI) dan Pangkalan Pendaratan Ikan (PPI) Manggar Baru Balikpapan, Sabtu (17/12/2022). 

Ratusan nelayan dan keluarganya tampak memenuhi lokasi untuk memeriahkan peresmian ini dengan dilaksanakannya pesta rakyat nelayan. 

Kegiatan ini dalam rangka mendukung Program Ekonomi Kerakyatan dan selaras dengan Program Kelautan dan Perikanan. Serta merupakan salah satu upaya yaitu dengan pembangunan dan pengembangan sarana dan prasarana Perikanan diantaranya adalah pembangunan dan pengembangan Pelabuhan Perikanan dan Pangkalan Pendaratan Ikan.

"Pelabuhan Perikanan kedepan memiliki peran yang sangat strategis dan sangat penting karena sebagai ujung tombak dalam kegiatan usaha kelautan dan perikanan,”tambah Isran. 

Dirinya menyebutkan potensi perairan Kaltim sungguh besar, Kaltim memiliki perairan umum seluas 2.235.770 ha, perairan payau 200,000 ha, hutan Mangrove 300.000 ha. 

"Biaya sebesar 12 miliar rupiah TPI ini dibangun dari dana APBD tahun jamak tahun 2021 dan 2022. Kedepan adanya kolaborasi bersama dalam menjalin kekompakan diseluruh elemen masyarakat. Khususnya nelayan dan memberi semangat kerja bagi para nelayan seperti adanya pesta rakyat nelayan pada hari ini," harap mantan Bupati Kutai Timur. 

Dalam kesempatan itu pula Isran Noor berpesan sekaligus menegaskan ke nelayan agar dapat mengelola ikan dengan baik dan professional, jangan lagi ada yang menggunkan pengawet atau formalin. 

Di tempat yang sama Irhan Hukmaidy selaku Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan Kaltim menjelaskan pembangunan dermaga dengan konstruksi sheet pile seluas ± 792,90 m2 dan gedung TPI dengan luas ± 630 m2 (ukuran 30 meter x 21 meter).

Gedung dan Dermaga juga dilengkapi 2 (dua) unit tanki septic tank kapasitas 10 m3, serta 1 unit IPAL kapasitas 10 m3 dengan luas lahan ± 4.158,19 m2.

Diakhir acara Gubernur Kaltim berkesempatan memberikan bantuan kepada nelayan berupa bahan webbing ukuran 4 inc 120 pcs, Mesin diesel 24 pk 12 unit, webbing ukuran 2 inc 120 pcs, Trammel net 120 pcs, motor roda 3, cooler box 4 unit dan 300.000 nener benih Bandeng. 

Tampak hadir membersamai pada kegiatan ini Assisten Administrasi Umum Sekprov Kaltim Riza Indra Riadi, Kadis Kominfo Kaltim M. Faisal, Danlanal Balikpapan, TGUP3 Kaltim serta perwakilan pemerintah kota Balikpapan.(tp/pt)