Pembangunan

7 PAYMENT POINT DAN E-SAMSAT GOJEK SIAP LAYANI MASYARAKAT

  •   pipito
  •   9 Maret 2021
  •   1:00pm
  •   Pembangunan
  •   1256 kali dilihat

SAMARINDA – Gubernur Kaltim, H Isran Noor kembali meresmikan 7 (tujuh) layanan Samsat Payment Point yang ada di Kantor Cabang Pembantu milik Bankaltimtara sekaligus meluncurkan inovasi E-Samsat Gojek, Senin (8/3).  

Ini merupakan sinergi Bapenda Prov Kaltim dengan PT BPD Kaltim Kaltara atau Bankaltimtara mengembangkan layanan Samsat Payment Point di Kantor Cabang Pembantu milik Bankaltimtara.

Kondisi geografis Benua Etam bisa dibilang unik. Menjadi tantangan tersendiri bagi Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) Prov Kaltim guna menghadirkan pelayanan prima. Hal ini juga mendapatkan perhatian dari Pemprov Kaltim. Mengingat jangkauan layanan kesamsatan Bapenda bersama Tim Pembina Samsat Kaltim belum menyentuh sendi terdalam.

“Saya ingin masyarakat dilayani dengan baik. Itu sebabnya saya senang ada upaya mendekatkan pelayanan yang mudah dan praktis. Terima kasih Tim Pembina Samsat yang kali ini bersinergi dengan Bankaltimtara dan Gojek, ” ujar Gubernur Kaltim, Isran Noor.

“Bisa dikatakan ini pola simbiosis mutualisme yang baik,” ujar Gubernur.

Sementara itu, Kepala Bapenda Kaltim Hj Ismiati mengatakan pihaknya sengaja menggandeng Gojek sebagai bentuk pemanfaatan teknologi. Perusahaan start-up karya anak bangsa ini begitu familiar di tengah masyarakat. Selain menyediakan jasa transportasi, Gojek mengembangkan beragam fitur salah satunya Go Tagihan.

“Jadi, nanti masyarakat bisa membayarkan pajak kendaraan bermotor lewat Go Tagihan di Gojek,” sebut dia.

Dia mengatakan, langkah yang diambil Bapenda akan mendatangkan manfaat bagi banyak pihak. Tak hanya warga, tapi pemerintah. Sebab dengan beragamnya pilihan cara pembayaran, maka diharapkan berbanding lurus dengan penerimaan di kas daerah.

Diketahui, terdapat tujuh layanan Samsat Payment Point yang diresmikan. Tiga di Kota Tepian yakni Samsat Payment Point KCP Bankaltimtara Temindung Permai, KCP Sungai Dana, dan KCP Pasar Merdeka. Dua layanan terdapat di Kutai Kartanegara, Samsat Payment Point KCP Marangkayu dan KCP Tabang.

Serta masing-masing satu layanan di Bontang dan Kubar yakni Samsat Payment Point KCP Telihan, Bontang  dan Samsat Payment Point KCP Muara Lawa Kubar

Direktur Utama Bankaltimtara M Yamin diwakili Direktur Operasional Bankaltimtara, Siti Aisyah mengatakan pihaknya ikut senang karena bisa berkontribusi. Puluhan Samsat Payment Point, kata dia, telah berjalan dengan baik. Meski berada dalam satu gedung, terdapat dua loket terpisah yang khusus melayani kegiatan perbankan dan kesamsatan.

Hadir dalam kegiatan yakni Asisten Bidang Administrasi Umum Setdaprov Kaltim, H Fathul Halim, Tim Pembina Samsat Kaltim, Kepala Perwakilan Bank Indonesia Kaltim, Tutuk SH Cahyono, Kepala Perwakilan Ombudsman Kaltim, Kusharyanto, Kepala OJK Kaltim, Made Yoga Sudharma, Public Policy & Government Relations Senior Associate-East Indonesia, Mikael Onny Setiawan, serta camat dan lurah. Peresmian juga disiarkan secara virtual melalui zoom meeting. (BapendaKaltim/pt)