Pelatihan

Penyuluh Pertanian Dibekali Kemampuan Multimedia Melalui Pelatihan

  •   Nichita Heryananda Putri
  •   11 Juli 2023
  •   8:09am
  •   Pelatihan
  •   604 kali dilihat

Samarinda - Sebanyak 60 peserta Penyuluh Pertanian Kabupaten Kutai Kartanegara menunjukkan antusiasme mereka dalam mengikuti pelatihan multimedia yang meliputi fotografi dan foto editing.

Sesi pelatihan multimedia berupa fotografi dan foto editing yang diberikan oleh perwakilan Diskominfo Kaltim,  Primayudha Amru. Kegiatan tersebut atas inisiatif Dinas Pangan, Tanaman Pangan dan Hortikultura melalui Unit Pelaksana Teknis Dinas (UPTD) Balai Penyuluhan dan Pengembangan SDM Pertanian (BPPSDMP),  guna meningkatkan SDM berkualitas dan handal, Senin (11/7/2023)sore.

Pada kesempatan tersebut, Primayudha, yang akrab dipanggil Adding, memberikan berbagai tips dan trik dalam pengambilan gambar dari berbagai sudut pandang, baik pada obyek tunggal maupun obyek yang lebih dari satu, agar hasil gambar menjadi hidup dan memiliki makna.

"Karena peserta adalah penyuluh pertanian, kami berbagi tentang teknik pengambilan gambar hasil pertanian agar lebih menarik. Tidak hanya sebatas gambar saja, karena siapa pun bisa mengambil foto, namun kami ingin mengarahkan agar hasilnya semakin hidup," jelas Adding.


Selain itu, Adding juga mengajarkan proses editing foto. Hal ini penting karena jika ingin menciptakan konten promosi, hasil akhir harus menarik minat konsumen.

Salah satu peserta, Kumala, mengapresiasi kegiatan ini karena ia menyadari bahwa sebagai Penyuluh Pertanian, mereka harus mengikuti perkembangan di era digital. Menguasai teknik pengambilan foto dan video yang baik sangat penting.

"Kami senang, terutama karena kegiatan ini bukan hanya teori belaka, tetapi juga ada praktik di dalam ruangan dan di luar ruangan. Dengan adanya ahli di sini, kami dapat belajar lebih banyak, mengidentifikasi kekurangan dan kesulitan, dan berbagi pengalaman dengan peserta lainnya dan pelatih," kata Kumala.

Selain pelatihan foto editing, BPPSDMP juga mengadakan serangkaian kegiatan lainnya pada 9-12 Juli mendatang, antara lain Public Speaking, Pelatihan Videografi, Pembuatan Website, dan Pengembangan Media Sosial. (cht/pt)