Pelatihan

Pentingnya Berbicara dengan Kekuatan dan Percaya Diri

  •   Sefty Wulandari
  •   17 Desember 2022
  •   12:38pm
  •   Pelatihan
  •   1020 kali dilihat

Samarinda – Kemampuan berbicara yang baik menjadi salah satu modal penting bagi tiap individu. Public Speaking dibutuhkan di setiap dimensi ilmu. Speak with power and confidence atau berbicara dengan kekuatan dan percaya diri jadi motto trainer Public Speaking sekaligus Produser Program TVRI Kaltim I Made Kertayasa. Kiprahnya di bidang penyiaran dan public speaking telah hampir satu dasawarsa lamanya. Salah satu pelatihan yang ia isi yakni Soft Skill Personal Branding dan Public Speaking yang telah dilaksanakan selama dua hari yakni pada 14-15 Desember 2022.

 

Made (sapaan akrab) menyampaikan di hadapan puluhan peserta Vocational School Graduation Academy (VSGA) Digital Talent Scholarship KOMINFO bahwa kemampuan Public Speaking dibutuhkan karena kemahiran berbicara itu dapat membantu individu dalam menyampaikan ide dan pemikirannya dalam berkomunikasi.

Public Speaking merupakan kunci utama dari keberhasilan komunikasi. Pada dasarnya, ide yang bagus dan cemerlang jika tidak bisa disampaikan dengan baik dan meyakinkan akan tidak maksimal tersampaikan maksudnya,” ungkap Made saat memberikan paparan materi pada pelatihan yang berlangsung di Hotel Ibis Samarinda itu.

 

Memberikan metode pengajaran yang berbeda dan menarik, Pria asal Kutai Kartanegara ini kenalkan banyak tips dan trik untuk dapat menjadi komunikator yang handal. Menurutnya, menjadi orang yang dapat berkomunikasi dengan baik dapat diasah dengan ilmu dan latihan.

“Komunikasi itu seni, dapat dilatih dan disempurnakan dengan penjiwaan. Kekuatan dan percaya diri jadi kunci . sebab, sebelum menguasai komunikasi dengan orang lain, kita harus bisa berkomunikasi dengan diri kita sendiri.” ungkap pria berkacamata ini.

Di tempat yang sama, Rissa salah satu peserta pelatihan mengaku sebelum mengikuti ini (pelatihan) ia memiliki kesulitan dalam berbicara didepan publik. Kini, ia mendapatkan solusi untuk mengatasi hambatannya tersebut dan akan menerapkan dalam caranya berkomunikasi. Bahkan, Ia pun merasa wawasaanya bertambah setelah mengikuti pelatihan ini.

“Pelatihan Public Speaking yang dilaksanakan oleh VSGA PBPS BPSDM Banjarmasin di Samarinda telah menambah wawasan saya terkait metode yg perlu dikuasai seorang speaker dalam menyampaikan informasi sehingga dapat diterima dengan baik oleh khalayak. Ini sangat membantu terlebih untuk orang yang sulit untuk dapat berkomunikasi dipublik dengan baik,” katanya. (sw/pt)