Pelatihan

Disperindagkop Kaltim Gelar Pelatihan "Desain Grafis Untuk Kemasan Produk" dalam Rangka Pengembangan Kewirausahaan

  •   Hendra Saputra
  •   21 Juni 2023
  •   6:42pm
  •   Pelatihan
  •   463 kali dilihat

Samarinda - UPTD Pelatihan Koperasi Dinas Perindagkop dan UKM Provinsi Kalimantan Timur telah menggelar Pelatihan Pengembangan Kewirausahaan dengan tema "Desain Grafis Untuk Kemasan Produk".

Sebanyak 30 peserta dari berbagai UKM di empat kabupaten/kota, yaitu Kabupaten Kutai Kartanegara, Kabupaten Kutai Timur, Kabupaten Penajam Paser Utara dan Kota Balikpapan, telah mengikuti pelatihan ini secara tatap muka (offline).

Pelatihan berlangsung selama 5 hari, mulai tanggal 21 hingga 25 Juni 2023, di UPTD Pelatihan Koperasi, Disperindagkop Kaltim yang berlokasi di Jalan D.I. Panjaitan No. 03, Samarinda. Acara ini dibuka oleh Kepala UPTD Pelatihan Koperasi Dinas Perindagkop dan UKM Provinsi Kaltim, Zainuddin Panani, yang juga dihadiri oleh Panitia Pelaksana, yang dipimpin oleh Kepala Seksi Pelatihan Koperasi, Achmad Yudi Irawan, serta tamu undangan lainnya.

Dalam sambutannya, Achmad Yudi Irawan selaku Panitia Pelaksana, menjelaskan bahwa tujuan dari Pelatihan Pengembangan Kewirausahaan dengan tema "Desain Grafis Untuk Kemasan Produk" ini adalah meningkatkan pengetahuan tentang desain grafis untuk kemasan produk serta meningkatkan keterampilan dalam pembuatan kemasan produk.

Selain itu, pelatihan ini juga bertujuan untuk memberikan pengetahuan dan keterampilan teknis tentang desain grafis untuk kemasan produk kepada pelaku usaha dan UKM. Narasumber dan instruktur yang terlibat dalam pelatihan ini berasal dari Dosen Politeknik Negeri Samarinda dan Operator Workshop Kemasan UPTD Pelatihan Koperasi Dinas Perindagkop & UKM Provinsi Kaltim.

Kepala UPTD Pelatihan Koperasi Dinas Perindagkop dan UKM Provinsi Kaltim, Zainuddin Panani, menambahkan bahwa ini merupakan pelatihan pertama yang menggunakan Dana Alokasi Khusus (DAK), yang sebelumnya biasanya dilaksanakan di tingkat kabupaten. Ini merupakan langkah baru bagi kami dalam melaksanakan pelatihan di tingkat provinsi.

"Kami merasa khawatir apakah UKM-UKM tersebut akan hadir dalam pelatihan ini. Kebijakan ini merupakan inisiatif kepala dinas kami yang sangat bagus. Jika pelatihan dilaksanakan di tingkat kabupaten, kami hanya bisa berinteraksi secara terbatas, tetapi dengan pelatihan ini di tingkat provinsi, kehadiran empat kabupaten pada hari ini sangat luar biasa, " terangnya.

Pemerintah terus berupaya membantu UKM sebisa mungkin dan setelah pelatihan ini, diharapkan ada program seperti tahun sebelumnya yang memberikan bantuan peralatan kepada peserta yang mengikuti pelatihan tersebut.

Adapun tujuan utama dari pelatihan ini adalah meningkatkan pengetahuan dan keterampilan para pelaku UKM dalam memanfaatkan desain grafis untuk produk mereka.

Dalam konteks pelatihan ini,  ujarnya juga sejalan dengan program pemindahan Ibu Kota Negara (IKN).

"Ketika melihat jumlah orang dari luar yang datang ke tempat kita berdasarkan data pencatatan sipil kependudukan yang belum dibuka, penting bagi kita untuk siap menghadapi perubahan tersebut. Jika tidak siap, kita berisiko tertinggal dalam hal sumber daya manusia dan bidang lainnya. Namun, dengan adanya produk-produk yang kompetitif dari pelaku UKM, kita dapat bersaing dengan baik di masa depan, " imbuhnya.

Selain itu, pelatihan ini juga bertujuan untuk memberikan motivasi dan solusi bagi pelaku UKM lainnya. Diharapkan bahwa melalui pelatihan ini, peserta dapat menerapkan pengetahuan dan keterampilan yang mereka peroleh dalam usaha mereka, sehingga dapat meningkatkan hasil usaha dan daya saing mereka di pasar. (hend/pt)