Pariwisata

Tinjau Potensi Sektor Pariwisata, Pj Akmal Kunjungi Kepulauan Tanah Batiwakkal

  •   Rizky Kurniawan
  •   17 Desember 2023
  •   6:03pm
  •   Pariwisata
  •   288 kali dilihat

Maratua - Selain kekayaan alam yang melimpah, Provinsi Kalimantan Timur juga memiliki banyak potensi wisata berkelas nasional hingga internasional.

Untuk itulah Penjabat (Pj) Gubernur Kaltim mencanangkan Program Perjalanan Kolaborasi dengan mengunjungi sejumlah destinasi wisata, diantaranya Pulau Sangalaki, Kakaban dan Maratua di Kabupaten Berau.

Rombongan bertolak dari Pelabuhan Sanggam Tanjung Redeb Berau menggunakan speedboat berkapasitas 24 penumpang, menuju Pratasaba Resort dengan perjalanan memakan waktu 2,5 jam hingga 3 jam menyesuaikan kondisi cuaca.

Dalam kunjungan ini, Pj Akmal Malik bersama Pj Ketua TP PKK Kaltim Yulia Zubir didampingi Wakil Bupati Berau dan Ketua TP PKK Berau Sri Aslinda beserta jajaran pejabat perangkat daerah lingkup Pemprov Kaltim.

"Hari ini kita berkunjung ke Pulau Sangalaki, Kakaban dan Maratua untuk melihat potensi pengembangan sektor pariwisata dan upaya untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat setempat," ucap Akmal saat melakukan kunjungan, Minggu (17/12).

Ditempat yang sama, Dirjen Otonomi Daerah Kemendagri ini menyampaikan pentingnya menjaga keberlanjutan ekosistem pulau beserta kekayaan alam yang dimiliki seperti keberadaan penyu dan ubur-ubur yang ada di pulau ini sebagai ikon satwa yang dilindungi.

"Pemprov Kaltim terus berkomitmen serta mendukung pembangunan berkelanjutan, untuk mendukung program pelestarian alam dan pembangunan ekonomi, agar setiap lapisan masyarakat dapat merasakan dampak positif dari pembangunan tersebut," ujarnya.

Turut hadir mendampingi, Wakil Bupati Berau Gamalis, Kepala Dinas Perkebunan Ahmad Muzakkir, Kepala Dinas PTPH Siti Farisyah Yana, Kepala DPUPR Aji Muhammad Fitra Firnanda serta Pejabat dilingkup Pemprov Kaltim. (Rzk/ty)