Pariwisata

Pesona Danau Siran Muara Kaman, Destinasi Baru Untuk Pikat Wisatawan

  •   Sefty Wulandari
  •   12 Agustus 2022
  •   9:49am
  •   Pariwisata
  •   2362 kali dilihat

Kutai Kartanegara - Danau Siran memiliki potensi wisata, Danau tersembunyi ini terletak di Kecamatan Muara Kaman, Kabupaten Kutai Kartanegara. Dengan panorama alam yang unik, destinasi baru ini diharapkan mampu memikat wisatawan.

Panorama alam dengan daun-daun pandan nampak berjejer melintang di tengah-tengah danau seluas 1.471 Hektare ini. Membuatnya seolah nampak seperti pulau bila dilihat dari atas. Oleh penduduk setempat pun, tumbuhan ini dikenal dengan nama Rasau.

Ditemui saat kunjungan dalam rangkaian kegiatan Familiarization Trip We Love Kaltim yang diprakarsai Dispar Provinsi Kaltim, Jum’at (12/08/2022)

Dalam kesempatan tersebut, Camat Muara Kaman, Hj Barliang menuturkan ada banyak sekali potensi wisata yang bisa diangkat di Muara Kaman salah satunya danau ini.

“Kami inginkan Muara Kaman bangkit seperti pada masa Kejayaan. Mulai dari wisata alam hingga wisata sejarahnya, ada banyak potensi yang luar biasa” ujarnya antusias.

Wanita yang belasan tahun telah berdedikasi sebagai Sekretaris Kecamatan (Sekcam) untuk Muara Kaman ini pun mengungkapkan impiannya untuk Muara Kaman yang lebih maju dan mampu menarik minat wisatawan lokal hingga mancanegara.

“Pariwisata di sini butuh sentuhan. Perlu pengelolaan dan keseriusan. Ini yang tengah digarap dan direncanakan dengan matang oleh pemerintah dan pihak-pihak terkait. Kami harapkan semuanya lancar dan segera terwujud agar dapat bangkitkan Muara Kaman” imbuhnya.

Danau ini terletak sejauh kurang lebih 130 kilometer dari kota Tenggarong. Perjalanan darat menuju Muara Kaman memakan waktu sedikitnya 4 jam, dan dilanjutkan dengan menggunakan transportasi air selama kurang lebih 30 menit.

Meski belum diresmikan, Danau Siran memiliki daya tarik sebagai objek wisata. Keberadaannya yang kini mulai diperhatikan, menjadi modal awal untuk pengembangan yang lebih serius lagi kedepannya.

Selain wisata air, di Danau ini pengunjung pun dapat menyusuri Hutan Gambut disekitarnya menggunakan perahu-perahu kecil. Sebuah panorama sekaligus kekayaan alam khas daerah setempat, yang juga menjadi potensi Geowisata di daerah ini.

Unik dan sajikan pemandangan bentang alam Muara Kaman, dengan didorongnya potensi destinasi anyar ini pun diharapkan dapat bangkitkan ekonomi warga setempat. (sw/pt)