Pariwisata

Persiapan Pengamanan Destinasi Wisata oleh DPOP Balikpapan Menjelang Idulfitri 1445 H

  •   Hendra Saputra
  •   9 April 2024
  •   8:55am
  •   Pariwisata
  •   214 kali dilihat

Balikpapan - Dinas Pemuda Olahraga dan Pariwisata (DPOP) Kota Balikpapan telah mengatur personel untuk menjaga keamanan destinasi wisata selama libur Idulfitri 1445/2024 mendatang.

Ratih Kusuma selaku Kepala DPOP Balikpapan, mengungkapkan bahwa persiapan pengamanan destinasi wisata di Kota Balikpapan telah melalui koordinasi yang matang.

"Khususnya di destinasi wisata Pantai Manggar Segara Sari, kami telah melakukan rapat lintas sektor dengan melibatkan TNI, Polri, Dinas Kesehatan (Dinkes), Satpol PP, dan pihak lainnya," kata Ratih.

Pengamanan di destinasi wisata tersebut akan dilakukan mulai tanggal 10 hingga 16 April mendatang.

"Pada hari Lebaran pertama, kami akan mulai pengamanan dari jam 07.00 WITA hingga 18.00 WITA dengan sistem satu jalur," jelasnya.

Selain itu, lanjutnya area parkir juga sudah disiapkan dengan ketersediaan parkir untuk kendaraan roda dua dan roda empat, ambulans, serta ruang kesehatan yang berdekatan dengan area informasi dan fasilitas lainnya.

Adapun upaya pengamanan juga mencakup penempatan life guard, penanda larangan berenang, pengaturan ruang publik dan langkah-langkah lainnya.

"Kami juga akan memonitor orang tua untuk mengimbau agar mereka selalu menjaga anak-anaknya dengan baik," tambahnya.

Selain itu, DPOP Balikpapan juga akan meminta bantuan dari stakeholder lain seperti PDAM dan PLN.

"Kami akan mengirimkan surat ke PDAM dan PLN untuk memastikan backup pasokan listrik dan air," jelasnya. (hend/pt)

Sumber:PusaranMedia.com