Pariwisata

Peningkatan Kunjungan Wisatawan di Pantai Manggar Balikpapan Selama Nataru

  •   Rizky Yusuf
  •   3 Januari 2024
  •   9:51am
  •   Pariwisata
  •   420 kali dilihat

Balikpapan - Dinas Pemuda Olahraga dan Pariwisata (DPOP) Kota Balikpapan melaporkan peningkatan signifikan dalam kunjungan wisatawan ke Pantai Manggar selama libur Natal dan Tahun Baru (Nataru) tahun ini.

Dengan pesona keindahan alam dan beragam fasilitas rekreasi, pantai ini menjadi destinasi favorit bagi pengunjung yang ingin merayakan liburan akhir tahun.

Menurut Kepala Dinas Pemuda Olahraga dan Pariwisata Kota Balikpapan, Ratih Kusuma, kunjungan meningkat hingga 30 persen, melibatkan berbagai kalangan dari anak-anak hingga dewasa, termasuk wisatawan dari luar Balikpapan.

Pantai Manggar berhasil mencapai kunjungan selama setahun yang melebihi target yang ditetapkan.

"Kunjungan wisatawan ini meningkat sekitar 30 persen," sebutnya (2/1/2024).

Adapun Data per 24 Desember 2023 hingga 1 Januari 2024 mencatat total kunjungan sebanyak 13.540 orang, dengan pendapatan mencapai Rp 154.735.000.

"Rata-rata kunjungan mencapai 5-6 ribu per hari dan pada 1 Januari ini, mencapai puncak tertinggi selama periode Nataru," tambahnya.

Keberhasilan ini, menurut Ratih Kusuma, dapat diatribusikan pada optimalisasi fasilitas di Pantai Manggar seperti wisma, pertunjukan atraksi, jetski, banana boat, dan kuda, yang telah menarik minat wisatawan.

Ratih Kusuma juga merencanakan pengembangan fasilitas berupa jogging track untuk mendukung konsep sport tourism (wisata olahraga).

Meski demikian, Kepala Dinas tersebut memberi informasi bahwa akan ada retribusi baru yang akan dikeluarkan oleh Badan Pengelola Pajak Daerah Retribusi Daerah (BPPDRD) Balikpapan. Penetapan retribusi baru masih menunggu keputusan resmi.

"Kami menunggu penetapan retribusi baru itu," tuturnya.(rey/pt)