Pariwisata

Kenang Sejarah, Ex Bandar Udara di Samarinda Disulap Jadi “Temindung Kreatif Hub Kaltim”

  •   Nichita Heryananda Putri
  •   27 September 2023
  •   7:35pm
  •   Pariwisata
  •   324 kali dilihat

 

Samarinda - Sudah sekitar 5 (lima) tahun, Bandar Udara Temindung di Samarinda sudah tidak difungsikan seiring dengan kepindahannya ke Bandara ke APT Pranoto yang terletak di Sungai Siring.

Dengan tidak adanya aktvitas penerbangan, Bandar Udara ini akhirnya menjadi tempat untuk masyarakat di sekitar lokasi melakukan kegiatan olahraga dan bermain bersama keluarga.

Hingga akhirnya, Pemerintah Provinsi Kaltim melalui Dinas Pariwisata menginisiasi ex Bandara ini menjadi wadah bagi pelaku ekonomi kreatif dan diberi nama “Temindung Kreatif Hub Kaltim”.

Aktivasi Creative Hub ini dilakukan langsung oleh Wakil Gubernur Kaltim,  Hadi Mulyadi bertepatan dengan peringatan Hari Pariwisata Dunia, Rabu (27/9/2023).

Kepala Dispar Kaltim,  Ahmad Herwansyah mengatakan Bandara Temindung Samarinda akan menjadi kenangan dan sejarah, bahwa ibukota provinsi ini dulunya pernah memiliki bandara yang letaknya berada tidak jauh dari pemukiman warga Temindung. Karena itu tempat ini diberi nama “Temindung Kreatif Hub Kaltim”.

“Kenapa diadakan disini? Karena lokasinya strategis, kegiatan di Kaltim ekonomi kreatifnya bagus sekali dengan didukung 17 sub sektor ekraf. Temindung sebagai Kreatif Hub menyediakan fasilitas pengembangan kreatifitas industri dari berbagai sub sektor tersebut,” katanya.

Pria yang akrab disapa Iwan ini menjelaskan bahwa nantinya disini akan dibangun gedung perkantoran 5 (lima) lantai. Dimana gedung ini ditujukan untuk para mitra pelaku kegiatan serta menyediakan ruang pelaku industri.

“Kita sediakan ruang untuk mitra ekraf bagi yang membutuhkan tempat mengembangkan kreatifitasnya. Tak hanya itu, pelaku UMKM juga kita harapkan bisa mengembangkan bisnisnya disini,” jelas Iwan.

Di tempat yang sama, Wagub Hadi mengapreasi adanya Temindung Kreatif Hub Kaltim ini. Dengan begitu, para pelaku ekraf merasa nyaman berkarya dan mengembangkan potensinya karena diapresiasi dan diberikan wadah seperti ini.

“Insya Allah tempat ini bisa dimanfaatkan secara maksimal oleh teman-teman ekraf. Kita dukung segera pembangunan kantor lima lantai yang dimaksud untuk tempat mereka berkarya. Saya yakin Kaltim bisa menjadi salah satu Provinsi kreatif yang luar biasa,” seru Hadi.

Dirinya juga menyinggung mengenai Pariwisata Kaltim yang semakin dikenal luas oleh masyarakat dalam dan luar negeri. Seluruh Kab/Kota di Kaltim menyumbang tempat wisata elok.

“Terus majukan pariwisata dan ekonomi kreatif di Kaltim dan semoga tempat ini menjadi langkah awal agar Kaltim punya pelaku ekraf kreatif dan inovatif,” tutupnya.

Dalam kegiatan tersebut juga dirangkai dengan pembacaan Komitmen Dukungan 17 Sub Sektor Ekonomi Kreatif dipimpin H. Hamdani, penandatanganan komitmen dukungan Kreatif Hub, penyerahan sertifikat kepada pelaku ekraf yang mendukung kegiatan ini dan launching logo baru Ekraf Kaltim.

Selain itu,  ada pula pertunjukkan singkat oleh Wagub Kaltim, Fashion Show dan hiburan lain. Selain Wagub, Sekdaprov dan Kepala Dispar Kaltim hadir pula Kadispar Kab/Kota serta pelaku usaha dan ekonomi kreatif lainnya. (cht/pt)