Pariwisata

Kampung Payung-Payung Masuk Daftar Desa Wisata Nasional

  •   Sefty Wulandari
  •   20 Oktober 2023
  •   12:05pm
  •   Pariwisata
  •   679 kali dilihat

Kampung Payung-Payung Masuk Daftar Desa Wisata Nasional

Berau - Kampung Payung-Payung, Kecamatan Maratua, Kabupaten Berau, Kalimantan Timur, masuk dalam kategori desa wisata secara nasional.

Tahun ini, Kampung Payung-Payung bersama 300 desa terpilih lainnya, masuk dalam kategori panganugerahan event Anugerah Desa Wisata Indonesia (ADWI) 2023.

Kepala Bidang Pengembangan Destinasi Wisata Disbudpar Berau, Samsiah Nawi mengatakan, Payung-Payung sebagai salah satu objek wisata unggulan di Bumi Batiwakkal (julukan Kabupaten Berau), masuk dalam nominasi panganugerahan event Anugerah Desa Wisata Indonesia (ADWI) 2023.

Selain menyediakan kekayaan sektor bahari, Payung-Payung juga memiliki destinasi wisata alam yang memanjakan wisatawan. Mulai dari, Goa Halo Tabung, Danau Ubur-ubur Kakaban, Laguna Kehe Daing, Danau Maratua (Danau H. Buang), Goa Angkal-angkal, Puncak Gunung Putih, Turtle Feeding Ground, hingga Snorkeling atau Diving Spot.

"Dalam satu spot wisata menyediakan banyak titik wisata, tentu itu bisa jadi pilihan," katanya Samsiah Nawi, Kamis (12/10/2023).

Untuk diketahui, Payung-Payung memiliki dua Surat Keputusan Wisata. Yakni berasal dari Pemkab Berau dan pengakuan SK dari Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP).

"Dari dua pengakuan tersebut, Payung-Payung akan terus masuk dalam kontestasi ADWI setiap tahunnya dan selalu menjadi andalan Berau kala merekomendasikan desa yang dikompetisikan dalam event tahunan tersebut," ujarnya.

Ia pun menjelaskan kemajuan Kampung Payung-Payung yang diraih saat ini tak lepas dari peran aktif pemerintah, perusahaan hingga organisasi internasional (NGO), yang memberikan dukungan pembangunan di kampung tersebut.

"Kemajuan Payung-Payung ini berkat kerjasama semua pihak, termasuk perusahaan," imbuhnya.

Tidak hanya itu, Payung-Payung juga memiliki Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) yang aktif dalam membangun citra positif kampung wisata tersebut. 

 

Sumber : Mitra Media Diskominfo Kaltim (Rumah Disway)