Pariwisata

Kaltim Terus Dorong Sektor Pariwisata Berbasis Lingkungan

  •   Ceppy
  •   9 Desember 2023
  •   8:07pm
  •   Pariwisata
  •   349 kali dilihat

Bontang - Penjabat (Pj) Gubernur Kalimantan Timur (Kaltim) Akmal Malik mengatakan akan terus mendorong perkembangan sektor pariwisata di Bumi Etam, terutama pariwisata berbasis lingkungan.

 

Itu karena beberapa daerah, kata Akmal, memiliki pengembangan wisata berbasis lingkungan, salah satunya adalah Kota Bontang

 

"Menurut saya ada potensi itu yang bisa digarap Bontang," kata Akmal Malik saat membuka Rapat Kerja Nasional (Rakernas) Masyarakat Sadar Wisata (Masata) di Pendopo Rumah Jabatan Wali Kota Bontang, Jumat (8/12/2023) yang lalu.

Terlebih, Bontang menurutnya terletak cukup jauh dari Ibukota Kaltim, Samarinda. Jadi,  ada obyek wisata  yang menarik minat orang berwisata ke Kota Taman itu. Oleh karena itu, dibutuhkan pula kolaborasi dengan komunitas seperti Masata dalam mengembangkan pariwisata ini .

Membangun pariwisata inklusif dinilai penting, sehingga setiap orang tanpa memandang latar belakangnya dapat merasakan keindahan dan keunikan destinasi wisata.

 

Selain itu, keberlanjutan ini menjadi investasi jangka panjang, sehingga semua dapat menikmati kekayaan wisata yang dilestarikan.

 

Dengan membangun pariwisata inklusif melalui sinergi dan kolaborasi akan menghasilkan gerakan yang lebih baik lagi.

 

Di tempat yang sama, Wakil Wali Kota Bontang,  Najirah selaku tuan rumah Rakernas Masata juga turut mengajak para peserta untuk memanfaatkan waktu selama di Bontang dengan mengunjungi objek wisata di kota bersemboyan Kota Taman itu.

"Karena salah satu program Bontang adalah peningkatan sektor pariwisata," ujar Najirah.

Diketahui, Pj Gubernur Akmal telah ketiga kalinya berkunjung Bontang. Di setiap kunjungannya, dirinya selalu mendukung Kota Bontang baik terkait pariwisata maupun pengembangan UMKM.

 

Pariwisata berbasis lingkungan sendiri, lanjutnya diyakini mampu menciptakan harmoni antara wisata dan pelestarian alam. Dengan keterlibatan komunitas dan fokus pada keberlanjutan, pariwisata ini dapat menjadi sumber pendapatan jangka panjang.

Adapun dukungan pemerintah yang konsisten serta kolaborasi dengan berbagai pihak diyakini dapat memberikan keyakinan bahwa Kaltim memiliki potensi besar untuk menjadi destinasi unggulan, menarik wisatawan dari berbagai latar belakang.

Keberlanjutan pariwisata berbasis lingkungan bukan hanya investasi dalam keindahan alam, tetapi juga investasi dalam masa depan ekonomi dan keberlanjutan lingkungan. (cpy/pt)

 

Foto : Istimewa