Pariwisata

Eks Gedung Bandara Temindung Samarinda Bakal Diubah Jadi Pusat Inovasi dan Kreativitas

  •   Khajjar Rohmah
  •   18 Maret 2024
  •   3:04pm
  •   Pariwisata
  •   302 kali dilihat

Samarinda - Eks gedung Bandara Temindung Samarinda rencananya bakal diubah menjadi pusat inovasi dan kreativitas atau Temindung Creative Hub Kalimantan Timur (TCH KT). Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Dinas Pariwisata (Dispar) Kaltim, Ririn Sari Dewi menjelaskan, TCH KT dirancang untuk menjadi pusat kegiatan ekonomi kreatif dengan fasilitas yang meliputi ruang pertemuan, ruang pertunjukan, studio musik, dan studio audio visual. Nantinya, juga akan disediakan  ruang kreasi bagi pelaku ekonomi kreatif (ekraf).


"Penyediaan ruang kreasi merupakan langkah maju untuk para pelaku ekraf di Kaltim untuk berkembang dan berinovasi. Ini merupakan realisasi dari Peta Jalan Pengembangan Ekonomi Kreatif Daerah Kaltim 2021-2025 dan Peraturan Gubernur Nomor 42 Tahun 2021," ujar Plt. Kepala Dinas Dispar Kaltim, Ririn Sari Dewi di Samarinda baru-baru baru ini.

TCH KT diproyeksikan menjadi wadah bagi 17 subsektor ekonomi kreatif untuk berproses, bekerja, dan berkarya. Dispar Kaltim berkomitmen untuk memfasilitasi berbagai proses kreatif yang akan berlangsung di dalam dan luar gedung, dengan manajemen siklus kegiatan yang diatur oleh Bidang Pengembangan Ekonomi Kreatif bekerja sama dengan Komite Ekonomi Kreatif dan Tim Kurator.

Menanggapi permintaan Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, pemerintah provinsi juga membangun Unit Pelaksana teknis (UPT) Ekonomi Kreatif dengan pembiayaan penuh dari kementerian tersebut.

Peresmian TCH KT dijadwalkan pada 1 Juni 2024 mendatang oleh Penjabat Gubernur Kaltim, Sekretaris Daerah, Ketua DPRD Kaltim, Mitra Ekonomi Kreatif, serta pelaku ekonomi kreatif dari seluruh subsektor di Kaltim.

"Peresmian TCH KT tersebut diharapkan menjadi tonggak sejarah baru dalam pengembangan ekonomi kreatif di wilayah Kaltim," kata Ririn.

Sebagai informasi, kontribusi ekraf pada PDRB Kaltim mencapai 5,61 persen yang menambah motivasi bagi pelaku ekonomi kreatif untuk meningkatkan kualitas dan kuantitas karya mereka. (*/KRV/pt)

Sumber: Antara Kaltim