Pariwisata

DWP Kemendagri Susuri Sungai Mahakam dan Nikmati Senja Kota Tepian

  •   Khajjar Rohmah
  •   11 Januari 2024
  •   6:55am
  •   Pariwisata
  •   245 kali dilihat

Samarinda - Hari pertama kunjungan Dharma Wanita Persatuan Unit Direktorat Jenderal Otonomi Daerah Kementerian Dalam Negeri (DWP Kemendagri) ke Provinsi Kalimantan Timur (Kaltim) diakhiri dengan menyusuri Sungai Mahakam sambil menikmati senja Kota Tepian.

Yulia Zubir Akmal selaku tuan rumah, sengaja mengajak rombongan DWP Kemendagri dari Jakarta untuk menikmati wisata susur sungai Mahakam. Giat ini diagendakan khusus untuk memperkenalkan potensi pariwisata lokal sekaligus mempromosikan wisata susur Sungai Mahakam kepada orang dari luar Kaltim.

Kepala Bidang Pemasaran Pariwisata Dispar Kaltim, Restiawan Baihaqi menyambut langsung para rombongan DWP Kemendagri di Dermaga Mahakam Ilir.

"Selamat datang ibu-ibu DWP Kemendagri dari Jakarta. Selamat menikmati wisaya susur Sungai Mahakam. Semoga kita bisa kembali dengan selamat sampai ke dermaga," ucapnya kepada para tamu di Kapal Wisata Pesut Bentong, Kamis (11/1/2024).

Sebagai informasi, wisata susur Sungai Mahakam mulai dirintis sejak 2019. Hingga kini, kegiatan ini menjadi pilihan wisata andalan warga Kaltim dan masuk sebagai destinasi wisata air terbaik pada ajang Anugerah Pesona Indonesia.

Saat ini ada lima kapal yang melayani wisata susur Sungai Mahakam. Kelimanya menggunakan nama pesut, hewan endemik di perairan Kalimantan. Kelima kapal itu yakni, Pesut Etam, Pesut Kita, Pesut Mahakam, Pesut Mahkota, dan Pesut Bentong.

Meski cuaca tidak bersahabat dan sempat turun hujan, namun tak menyurutkan antusiasme para rombongan DWP Kemendagri.

Turut mendampingi kunjungan ini, jajaran pengurus DWP Kaltim, Indri Indah Winarni Riza, Nina Irni Y Fahmi, Ranita Deni, dan Binah Selamat. (Krv/pt)