Pariwisata

Dukung Pariwisata Lokal, Peserta Rakernas ASKOMPSI Kunjungi Situ Cipanten

  •   Khajjar Rohmah
  •   23 Februari 2024
  •   7:44pm
  •   Pariwisata
  •   215 kali dilihat

Majalengka - Menutup rangkaian akhir dari rangkaian Rapat Kerja Nasional Dewan Pengurus Asosiasi Dinas Komunikasi dan Informatika Provinsi Seluruh Indonesia (Rakernas ASKOMPSI) di Majalengka, Jawa Barat (Jabar). Panitia penyelenggara mengajak para peserta melakukan city tour dan mengunjungi salah satu destinasi wisata lokal setempat. 

Para peserta diajak mengunjungi Situ Cipanten. Sebuah destinasi wisata alam di Kecamatan Sindang Kabupaten Majalengka, Jawa Barat.

Situ, dalam bahasa Sunda berarti telaga atau danau. Telaga biru seluas 1 hektare (ha) ini menjadi salah satu destinasi wisata favorit bagi masyarakat Majalengka. Situ Cipanten memiliki air yang sangat jernih sehingga bisa melihat dasar situ serta beragam spesies ikan hias yang sengaja dipelihara di danau ini. 

Telaga air Situ Cipanten berasal dari tujuh sumber air. Warga setempat percaya sumber air tersebut tak akan pernah kering meskipun saat musim kemarau.

Beragam fasilitas wisata ditawarkan di kawasan ini di antaranya seperti kapal dayung, ayunan kayu, bebek gowes, dan sepeda gantung. 

Direktur eksekutif ASKOMPSI Eddy Santoso menjelaskan, agenda terakhir dari rangkaian Rakernas ini menjadi bagian dari upaya mendukung potensi daerah yang menjadi tuan rumah penyelenggaraan kegiatan. 

"Ya ini menjadi upaya untuk mengenal Majalengka di wilayah Jawa Barat yang luar biasa. Serta menjadi bagian penting di Rakernas ini untuk membangun komunikasi antar anggota," ungkapnya di sela agenda city tour Rakernas ASKOMPSI di Situ Cipanten, Jumat (23/2/2024). 

Usai Rakernas ASKOMPSI 2024, dewan pengurus akan kembali menggelar pertemuan Pra Rakernas ASKOMPSI 2025 di Semarang, Jawa Tengah (Jateng). Sementara tuan rumah pelaksanaan Rakernas ASKOMPSI tahun 2025, sesuai kesepakatan para anggota, diputuskan di Bali. 

"Rakor ASKOMPSI tahun depan di Bali. Tapi di celah itu, kita akan mengadakan pertemuan kembali pada September 2024 di Semarang," tambah Eddy. 

Para peserta Rakornas ASKOMPSI 2024 menutup rangkaian kegiatan dengan menikmati keindahan Situ Cipanten. Sebelum akhirnya berpisah dan kembali ke daerah asal masing-masing. (KRV/pt)