Pariwisata

Dispar akan Gelar Festival Tiga Danau

  •   Khajjar Rohmah
  •   24 Agustus 2022
  •   9:56am
  •   Pariwisata
  •   457 kali dilihat

Samarinda – Dinas Pariwisata (Dispar) Provinsi Kalimantan Timur (Kaltim) akan menggelar Festival Tiga Danau pada September 2022 mendatang. Gelaran Festival ini bekerja sama dengan Kementerian Pariwista dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) Republik Indonesia. Rencananya, Menteri Parekraf Sandiaga Salahuddin Uno akan hadir secara langsung.

Adyatama Pengembangan Kemitraan Sumber Daya Manusia (SDM) Parekraf Ahli Muda, Dispar Kaltim, Herlina Eka Yanti, SE, M.Si mengatakan, pihaknya telah melakukan langkah-langkah persiapan menuju festival tersebut. Puncak acara akan dipusatkan di Desa Semayang, sebuah desa di kawasan perairan Danau Semayang Kecamatan Kota Bangun Kabupaten Kutai Kartanegara.

“Masing-masing bidang sudah mengurus dan mempersiapkan acara ini. Intinya, festival ini diarahkan untuk mengemas tiga danau ini menjadi destinasi wisata yang menarik,” kata Herlina kepada Diskominfo Kaltim, beberapa waktu lalu.

Rangkaian Festival Tiga Danau akan diisi dengan pertunjukan festival budaya, trip wisata air, kuliner dan menyaksikan hewan mamalia air tawar langka, Pesut Mahakam.

“Jadi di jam tertentu, nanti pengunjung akan kita ajak untuk melihat Pesut Mahakam di Desa Pela,” tambah Herlina.

Dispar Kaltim saat ini memang tengah fokus mengembangkan daya tarik wisata di tiga danau terbesar di Kaltim. Diantaranya Danau Semayang dan Danau Melintang di Kabupaten Kukar serta Danau Jempang di Kabupaten Kutai Barat (Kubar).

Pengembangan tiga danau ini, kata Herlina, merupakan mandat langsung dari Gubernur Kaltim kepada Dinas Pariwisata. Agar Kaltim memiliki destinasi wisata perairan unggulan selain Derawan dan Maratua yang ada di Kabupaten Berau. (KRV/pt)