Pariwisata

Coba Berbagai Permainan Tradisional, Sekda Kaltim Mahir Bermain Gasing

  •   Khajjar Rohmah
  •   26 Juni 2023
  •   5:45pm
  •   Pariwisata
  •   849 kali dilihat

Jakarta – Berbagai permainan tradisional khas Kalimantan Timur ditampilkan dalam Kaltim Exhibition yang diselenggarakan di Mall Sarinah Jakarta pada tanggal 23-25 Juni 2023. Para pengunjung juga diberikan kesempatan untuk mencoba langsung permainan tradisional yang disediakan oleh panitia penyelenggara dari Badan Penghubung (Banhub) Provinsi Kaltim.

Sekretaris Daerah Provinsi Kaltim Sri Wahyuni, sangat mengapresiasi berbagai jenis permainan tradisional yang ditampilkan. Menurutnya, ini adalah cara yang menarik untuk memperkenalkan kebudayaan dan ciri khas kehidupan sosial di Kalimantan Timur.

Sekda perempuan pertama di Kaltim ini terlihat antusias mencoba berbagai permainan. Dia pun menunjukkan kepiawaiannya dalam bermain gasing.

Berbeda dengan gasing pada umumnya, gasing khas Kalimantan Timur terbuat dari kayu ulin atau banggeris yang berbentuk bulat seperti bengkuang. Pada bagian atasnya, terdapat kepala sebagai tempat pemutar tali, lalu dilemparkan ke lantai dan berputar dengan cepat. Gasing yang dapat berputar dan bergerak paling lama akan dianggap sebagai pemenang.

“Lihat, gasing saya bisa berputar paling lama," ujar Sri Wahyuni saat mencoba permainan gasing dalam pembukaan Kaltim Exhibition pada Jumat (23/6/2023) lalu.



Sekda Sri juga mengajak First Secretary Royal Embassy of Cambodia, Cheng Linna untuk bermain bersama. Wakil Ketua DPRD Kaltim, Sigit Wibowo dan Bupati Paser, Fahmi Fadly, juga turut bergabung untuk mencoba permainan tradisional dari masyarakat Dayak ini.



Pada acara penutupan Kaltim Exhibition di pelataran Mall Sarinah pada Minggu (25/6/2023) pagi, Sekda Sri Wahyuni sekali lagi menunjukkan keahliannya dalam bermain gasing. Selain itu, perempuan yang sebelumnya menjabat sebagai Kepala Dinas Pariwisata Kabupaten Kutai Kartanegara ini juga menunjukkan keterampilannya dalam bermain belogo.



Setelah mencoba seluruh permainan dan berinteraksi dengan pengunjung pameran, Sekda Kaltim juga turut serta dalam pertunjukan seni budaya di panggung utama Anjungan Mall Sarinah dan menutup rangkaian Kaltim Exhibition 2023. (KRVpt)