Pariwisata

Akhiri Penilaian Seleksi, Diskominfo Kaltim Kunjungi KIM Muara Muntai

  •   Rizky Kurniawan
  •   6 September 2023
  •   5:57pm
  •   Pariwisata
  •   588 kali dilihat

Muara muntai - Tim penilai seleksi Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Provinsi Kaltim bekerja sama dengan Diskominfo Kabupaten Kutai Kartanegara melakukan penilaian terhadap Kelompok Informasi Masyarakat (KIM) Muara Pelangi di Desa Muara Muntai Ulu, Kecamatan Muara Muntai, Kabupaten Kutai Kartanegara, Selasa (5/9).

Kunjungan penilaian seleksi KIM ini menjadi yang terakhir setelah dilakukannya penilaian KIM dibeberapa Kecamatan diantaranya Muara Badak dan Anggana Kabupaten Kutai Kartanegara, Sumber Sari dan Suko Mulyo Kabupaten Penajam Paser Utara.

Ketua Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) KIM Muara Pelangi, Wahyudi Nur mengucapkan terimakasih dan menyambut baik kedatangan tim penilai seleksi Diskominfo Kaltim ke desa Muara Muntai Ulu.

"Terimakasih atas kedatangannya Tim Penilai Seleksi KIM dari Diskominfo Kaltim, Kami KIM Muara Pelangi terus berupaya memberikan informasi sebagai edukasi kepada masyarakat," ucap Wahyudi.

Lebih lanjut dijelaskan, bahwa KIM Muara Pelangi dibentuk sejak bulan November 2020 dengan jumlah anggota 11 orang. Berbeda dengan KIM sebelumnya, KIM Muara Pelangi fokus mempromosikan potensi wisata di Muara Muntai.

"Ini salah satu upaya kami dalam mengembangkan potensi desa, salah satunya disektor wisata, yaitu kapal wisata kuliner susur sungai mahakam," katanya.

Ditempat yang sama, Wahyudi menjelaskan bahwa pihaknya mempromosikan kapal wisata kuliner dengan menyediakan dua paket wisata, yakni paket reguler hanya menyisiri sungai, dan kedua paket kuliner yang menyisir sungai sambil menikmati sajian makanan khas Kutai. Harga yang ditawarkan juga bervariatif, untuk paket reguler dipatok harga Rp25 sampai Rp50 ribu per orang, dan paket kuliner Rp150 sampai 200 ribu per orang.

"Kapal yang dikelola sudah ada satu unit, karena baru dapat bantuan dari pemerintah untuk kapal ini. Sebelumnya menggunakan kapal feri masyarakat sekitar," ungkap Wahyudi.

Untuk diketahui, KIM Muara Pelangi juga aktif dalam publikasi melalui media sosial diantaranya Facebook dan Instagram sebagai wadah mempromosikan kearifan lokal Kecamatan Muara Muntai. Selain itu, KIM juga berupaya mendorong generasi muda untuk terlibat dalam pengembangan sektor pariwisata. (Rzk/ty)