Kesehatan

Perlu Kerjasama Kendalikan Laju Penularan Covid-19

  •   resa septy
  •   8 Februari 2022
  •   9:17pm
  •   Kesehatan
  •   404 kali dilihat

Samarinda - Tak semudah membalikan telapak tangan, pengendalian Covid-19 diakui Kepala Bidang P2P Dinas Kesehatan Provinsi Kalimantan Timur, Setyo Budi Basuki menjadi sulit apabila tidak dilakukan dengan kerjasama seluruh elemen masyarakat.

“Pengendalian Covid itu agak susah, kita perlu kerjasama. Jadi petugas kesehatan, masyarakat termasuk Satpol PP, semuanya harus bekerjasama kaitannya dengan penyakit menular. Karena apa yang terjadi pada kita akan mempengaruhi lingkungan kita,” ucap Setyo dalam program siar Dialog Publika TVRI Kaltim, Senin (7/2).

Belum lagi dipicu dengan maraknya persepsi-persepsi yang keliru dari sebagian masyarakat yang kini mulai ogah prokes dan meremehkan gejala varian Covid-19.

Dari data yang ada, Setyo menerangkan bahwa saat ini seseorang yang terkonfirmasi Covid-19 varian Omicron memang tanpa gejala maupun gejala ringan. Sehingga tidak memerlukan perawatan di rumah sakit. Tetapi kembali ditekankannya, laju penularan harus dikendalikan.

“Bisa dibayangkan nanti kalau berpikiran bahwa oh ini ringan, jadi tidak apa-apa. Tapi kalau semua orang kena, tentunya akan lumpuh juga,” sambungnya mewanti-wanti agar masyarakat tak salah persepsi.

Lebih lanjut, Ia mengatakan dengan adanya varian baru ini juga akan mengurangi efikasi dari vaksin. Untuk itu protokol kesehatan tetap harus dijaga, agar penularan dapat dikendalikan bahkan dihentikan. (resa/pt)