Kesehatan

Kesadaran Konsumen Kunci Kehalalan Produk Pangan

  •   prabawati
  •   14 September 2023
  •   9:52pm
  •   Kesehatan
  •   570 kali dilihat

Samarinda - Dharma Wanita Persatuan (DWP) Kaltim mengelar Seminar Pangan Dan Produk Halal, yang dilaksanakan di Hotel Bumi Senyiur, Kamis (14/9).

 Seminar bertajuk Mewujudkan Kesadaran Pemilihan Produk Pangan Halal Dalam Keluarga" diikuti 50 peserta anggota DWP Kaltim.

 Ketua Dharma Wanita Persatuan Provinsi Kalimantan Timur Indri Indah Winarni Riza mengatakan seminar kali ini membahas tentang produk halal serta sertifikasi halal nyang nantinya akan dimanfaatkan.

 Memurutnya,  produk halal tidak hanya berupa makanan dan minuman, tetapi bisa juga kosmetik yang kita gunakan.

 

Untuk itu,  konsumen harus memahami apa yang mereka makan, terutama tentang kepastian atau jaminan halalnya.

 Selain itu juga harus memahami tentang asal bahan makanan serta tentang zat-zat lain yang ditambahkan pada makanan tersebut.

 Dengan demikian anggota DWP harus cerdas dalam memilih makanan halal. Pilihlah produk yang mencantumkan kandungan komposisi bahannya dan pastikan ada berlabel halal pada kemasan.

 Disisi lain menurut salah satu narasumber Aswita Emmawati, pangan menjadi tidak aman dan tidak halal untuk dikonsumsi jika tercemar bahaya biologis, bahaya kimia dan bahaya fisik.

 Dia meminta UMKM memperhatikan titik kritis, yang merupakan suatu titik dalam bahan proses, penyimpanan, pengangkutan yang menentukan halalnya sebuah produk makanan atau minuman.

 Titik kritis utama adalah tempat yang paling sering muncul sebagai penyebab masuknya bahan haram/najis ke dalam produk (bahan, proses produksi, penyimpanan, pengangkutan/transportasi). (Prb/ty).