Kesehatan

Kaltim Sediakan 40 Ribu Dosis Vaksin Booster Kedua

  •   prabawati
  •   1 Februari 2023
  •   8:51pm
  •   Kesehatan
  •   345 kali dilihat

Samarinda - Pemerintah Kalimantan Timur menyediakan vaksin Covid-19 booster kedua atau dosis keempat sebanyak 40 ribu dosis. Vaksin tersebut sudah bisa didapatkan oleh masyarakat umum di seluruh Puskesmas.

 Pemberian vaksin booster kedua ini telah dimulai sejak 24 Januari 2023 dan dapat disuntikkan pada masyarakat di usia 18 tahun ke atas yang sudah mendapatkan booster pertama.

 "Kesiapan stok vaksin itu sendiri sudah tersedia sejak 24 Januari 2023 sebanyak 40 ribu dosis yang sudah kita sebar di seluruh Kabupaten dan Kota,"terang Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Kalimantan Timur Jaya Mualimin pada dialog bersiap untuk vaksin booster kedua, secara virtual, Rabu (1/2).

 Jaya mengungkapkan syarat pemberian vaksin booster kedua adalah berusia di atas 18 tahun dan telah melewati masa 6 bulan dari vaksin booster pertama.

 Pihaknya juga telah membuat gerai vaksin di Kantor Gubernur, terlihat antusias masyarakat yang datang setiap hari terutama PNS diatas 300 orang untuk melakukan vaksin booster kedua.

 "Jadi silakan saja mendaftar pada puskemas-puskesmas, rumah sakit atau klinik yang memang ada stok vaksinasi Covid-19 booster kedua,"ajaknya

 Lebih lanjut Jaya mengungkapkan cakupan vaksinasi booster pertama untuk tenaga kesehatan 100 persen. Sedangkan lansia memang tidak banyak cakupannya tentunya dengan booster kedua para lansia bisa iku, karena lansia ini paling rentan terkena Covid.

 Jaya mengharapkan kepada seluruh masyarakat untuk menguatkan imun dan menjadi salah satu upaya mencegah varian baru, karena dengan vaksin booster kedua, imunitas terhadap Covid tetap terjaga tinggi.

 Ia juga mengajak seluruh masyarakat untuk berbondong-bondong melakukan vaksinasi agar daya imunitasnya kuat dalam menghadapi varian Covid lainnya. (Prb/ty).