Keluarga

Puluhan Kader PKK 10 Kabupaten Kota se-Kaltim Ikuti Beragam Lomba

  •   Rizky Yusuf
  •   2 Agustus 2022
  •   7:34pm
  •   Keluarga
  •   575 kali dilihat

Balikpapan - Masih dalam rangkaian peringatan Hari Kesatuan Gerak (HKG) Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (PKK) Provinsi Kaltim tahun 2022 dan Bulan Bakti Gotong Royong Masyarakat (BBGRM) yang ke-19, telah dilaksanakannya beragam kegiatan Lomba - lomba yang diikuti oleh 10 Kabupaten Kota se- Kaltim. Bertempat di Hotel Grand Tjokro Balikpapan, Selasa (2/8/2022).

Sekretaris TP PKK Kaltim, Faridah Syafruddin menjelaskan kegiatan tersebut diikuti oleh Kelompok Kerja (Pokja) I sampai dengan Pokja IV.

"Untuk lomba yang kegiatan Sekretariat diantaranya lomba Penyuluhan Program Dasawisma dalam menanggulangi Pandemi Covid-19 yang pesertanya dari 10 Kabupaten/ Kota,"jelasnya.

Ia menjabarkan Organisasi Tim Penggerak PKK Kabupaten/Kota Pokja I melingkupi bidang Pembinaan Karakter Keluarga, yang bertugas sebagai pengelola program penghayatan dan pengamalan Pancasila dan program gotong royong.

"Pokja I rangkaian lomba Penyuluhan dengan tema "Pencegahan Prostitusi Online Terhadap Anak,"urainya.

Sedangkan, bagi Pokja II Bidang Pendidikan dan Pengangkatan Ekonomi Keluarga bertugas sebagai pengelola program pendidikan dan keterampilan dan program pengembangan kehidupan berkoperasi.

"Pokja II Mengikuti lomba penyuluhan Gerakan Keluarga Indonesia Dalam Peningkatan Pendidikan dan Pengelolaan Ekonomi (Galeri Pelangi) dengan tema "Gerakan Gemar Membaca & Lomba Pameran Usaha Peningkatan Pendapatan Keluarga (UP2K)-PKK,"terangnya.

Sementara itu, lanjutnya pada Pokja III bidang Penguatan Ketahanan Keluarga bertugas sebagai
pengelola program pangan, sandang dan perumahan dan tata laksana rumah tangga yang mengikuti rangkaian lomba penyuluhan dengan tema "Aku Hatinya PKK" dan merangkai Empon - Empon.

Ia menambahkan adapun tujuan diadakan lomba merangkai empon - empon selain untuk mengembangkan kreativitas juga untuk menambah pengetahuan ibu - ibu PKK di Kabupaten Kota se Kaltim.

Terakhir pada Pokja IV melingkupi bidang Kesehatan Keluarga dan Lingkungan bertugas sebagai pengelola program kesehatan, kelestarian lingkungan hidup dan perencanaan sehat.

"Pokja IV Mengikuti lomba penyuluhan dengan tema "Peran Kader Membantu Petugas Kesehatan Dalam Rangka Pengawalan 1000 Hari Pertama Kehidupan (HPK) Untuk Penurunan AKI, AKB dan Stunting,"tutup Faridah. (rey/pt)