Kebencanaan

Puncak Acara Peringatan Bulan PRB 2022 di Kaltim, Momentum Bersama Wujudkan Indonesia Tangguh

  •   Sefty Wulandari
  •   14 Oktober 2022
  •   12:01am
  •   Kebencanaan
  •   505 kali dilihat

Puncak Acara Peringatan Bulan PRB 2022 di Kaltim, Momentum Bersama Wujudkan Indonesia Tangguh

Balikpapan - 2022 jadi tahun istimewa bagi Provinsi Kalimantan Timur (Kaltim). Pasalnya, tongkat estafet keberlangsungan kegiatan Peringatan Bulan Pengurangan Risiko Bencana (PRB) tahun 2022 diadakan di Bumi Etam, dan telah usai digelar. Puncak acara berlangsung meriah dan diikuti ribuan peserta.

Sebanyak kurang lebih 3000 orang padati Balikpapan Sport and Convention Center (BSCC) Dome pada Jum’at (14/10/2022) dalam gelaran kegiatan berskala nasional, yang rutin diperingati setiap tahunnya ini. Terlebih di tahun ini, dimana akhirnya peringatan bulan PRB Nasional dapat diperingati bersama dengan tatap muka dan daring, setelah pandemi COVID-19 yang melanda negeri. Berbagai rangkaian acara menarik dalam rangka memeriahkan PRB pun telah rampung diadakan sejak awal Oktober dan berpusat di Kaltim.

Deputi Bidang Pencegahan BNPB sekaligus Ketua Panitia acara, Prasinta Dewi menyampaikan laporannya dihadapan tamu undangan yang terdiri dari Ketua BNPB RI Letnan Jenderal TNI Suharyanto Gubernur Provinsi Kaltim Isran Noor, Gubernur Sulawesi Tenggara Ali Mazi, Perwakilan DPR RI, DPD dan DPRD seluruh Indonesia, Bupati dan Walikota se-Indonesia, Ombudsman RI, unsur pengarah BNPB, Perwakilan BPBD se-Indonesia, Forkopimda dan seluruh tamu undangan. Hadir membersamai dalam kegiatan tersebut Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Kaltim HM Faisal.

“Setelah pandemi akhirnya kita dapat peringati kembali PRB dengan saling bertatap muka. Meski tetap kita lakukan protokol kesehatan dengan tetap menjaga jarak, ” ungkapnya dengan penuh rasa syukur bercampur bahagia.

Prasinta mengucapkan Terima kasih dan menjelaskan bahwa peringatan PRB ini sejalan dengan prinsip penanggulangan bencana, guna meminimalisir kerugian termasuk korban jiwa pada individu dan juga masyarakat, serta sebagai salah satu upaya bersama seluruh warga negara Indonesia untuk menjadi bangsa yang tangguh dalam kurangi risiko bencana.

“Terima kasih kepada seluruh pihak yang telah mendukung terlaksananya PRB 2022 ini. Terus semangat untuk tetap melaksanakan bentuk komitmen bersama pemangku kepentingan kebencanaan” imbuhnya.

PRB tahun 2022 telah berlangsung sejak tanggal 12-14 Oktober 2022. Mengangkat tema Bersama Kita Teguh / Bebaya Etam Tegoh, kegiatan nasional ini merupakan sarana utntuk meperkuat pemahaman pemerintah terhadap aktivitas pengurangan bencana, investasi kesadaran bersama hingga dapat pula dijadikan ajang pembelajaran bagi pelaku PRB di Ibu Pertiwi.

 

Diakhir laporan, dirinya berharap dengan bersama-sama kita dapat mewujudkan masyarakat yang tangguh dalam menghadapi bencana, serta menyampaikan informasi rencana keberlangsungan Peringatan PRB di Sulawesi Tenggara sebagai Tuan Rumah di tahun depan nantinya. (sw/pt)