Kebencanaan

Hadir Menyapa Peserta PRB, Gubernur Kaltim Komitmen Mitigasi Risiko Bencana 

  •   Khajjar Rohmah
  •   15 Oktober 2022
  •   8:28am
  •   Kebencanaan
  •   492 kali dilihat

Balikpapan - Gubernur Kalimantan Timur (Kaltim), Ir. Isran Noor menyempatkan hadir menyapa para peserta peringatan bulan Pengurangan Risiko Bencana (PRB) 2022 yang datang dari seluruh wilayah di Indonesia. 

 

Isran hadir di momen penutupan hari ketiga sekaligus puncak rangkaian acara PRB 2022 di Balikpapan Sport and Convention Center (BSCC) Dome, Jumat (14/10/2022).  

 

Kehadirannya diawali dengan mengelilingi stan pameran kebencanaan bersama Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Letjen TNI Suharyanto, Gubernur Sulawesi Tenggara (Sultra) Ali Mazi beserta Anggota DPR RI Komisi VIII, Sri Wulan. 

 

Lalu  Isran menyampaikan Pidato Selamat Datang di hadapan ratusan peserta yang memadati aula dan tribun Dome Balikpapan. 

 

"Sambutan saya ini, ada 162 halaman dan akan saya bacakan dalam waktu 3,5 jam," guyon Isran dengan gaya khasnya mengawali kalimat pidato yang disambut tawa para peserta. 

 

Dalam kesempatan tersebut, orang nomor satu Benua Etam ini mengucapkan apresiasi dan penghargaan tinggi atas gelaran PRB 2022 di Provinsi Kaltim. Ia juga mengucapkan salam hangat selamat datang kepada seluruh peserta yang datang dari setiap provinsi dan kabupaten/kota di Indonesia. 

 

"Kami merasa terhormat dan bahagia sebagai tuan rumah pelaksana Bulan PRB di Balikpapan ini. Selamat datang di IKN" ungkapnya. 

 

Pelaksana PRB di Kaltim ini juga menjadi bentuk komitmen pemerintah provinsi dalam keseriusan menghadapi dan mengatasi potensi bencana yang akan terjadi. Terutama, dalam upaya mitigasi dan pengurangan risiko bencana. 

 

Komitmen pengurangan risiko bencana ini, kata Isran adalah bentuk penjagaan dan kecintaan pada bangsa dan negara. Indonesia yang memiliki kekayaan dan keindahan alam bak surgawi harus dijaga dan dilestarikan. Jangan sampai terjadi kerusakan lingkungan yang memicu bencana alam dan menyebabkan kehancuran wilayah dan penderitaan pada korban.   

 

Ia juga mengapresiasi kegiatan penanaman 770 bibit pohon di kawasan hijau hutan kota Perumahan Daksa Balikpapan yang menjadi salah satu rangkaian agenda PRB 2022. 

 

"Pohon yang Anda tanam hari ini, lima tahun lagi akan tumbuh besar dan berakar kuat yang bisa mengurangi risiko bencana banjir dan tanah longsor di kawasan tersebut," terang mantan Bupati Kutai Timur ini. 

 

Isran juga mengajak para peserta untuk mendukung pemindahan Ibu Kota Negara (IKN). Sekaligus menyosialisasikan pentingnya pemindahan IKN sebagai upaya pemerataan dan keadilan pembangunan bagi seluruh Nusantara. 

 

"IKN ini bukan untuk Kaltim saja. Tapi, untuk kemajuan bangsa ini. Dengan pemindahan IKN, pembangunan akan lebih Indonesia sentris. Bukan lagi, Jawa sentris," pungkasnya. 

 

Acara ditutup dengan penyerahan Bendera  Pataka kepada Provinsi Sultra sebagai tuan rumah PRB 2023 mendatang. 

 

Hadir dalam agenda penutupan PRB 2022,Pangdam VI Mulawarman Mayjen TNI Tri Budi Utomo, Mokhammad Najih selaku Ketua Ombudsman RI, Agus Hari Kesuma selaku Kepala BPBD Kaltim, Muhammad Faisal selaku Kepala Diskominfo Kaltim, Wali Kota Balikpapan Rahmad Mas'ud, dan unsur Forkopimda Provinsi Kaltim. (KRV/pt)