Kebencanaan

Gubernur Siap Dukung dan Hadiri Puncak Acara PRB 2022 di Balikpapan

  •   Khajjar Rohmah
  •   10 Oktober 2022
  •   4:57pm
  •   Kebencanaan
  •   640 kali dilihat

Samarinda – Gubernur Kalimantan Timur (Kaltim), Ir. Isran Noor siap mendukung dan menyukseskan peringatan Bulan Pengurangan Risiko Bencana (PRB) Tahun 2022 di Balikpapan pada Rabu hingga Jumat, 12-14 Oktober 2022.

Gubernur Kaltim bahkan berkomitmen hadir dalam puncak acara peringatan PRB sebagai bentuk dukunganya sebagai tuan rumah acara.

“Saya akan hadir disemua rangkaian acara, tenang saja,” kata Isran Noor saat menerima laporan progress kegiatan PRB 2022 dari Kepala Pelaksana (Kalaksa) Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kaltim, Agus Hari Kesuma (AHK) di Ruang Kerja Gubernur Kaltim, Senin (10/10/2022) pagi.

PRB di Kaltim sendiri akan diisi dengan agenda expo, talk show, penanaman pohon, pelatihan penanggulangan bencana, bakti sosial, dan field trip. Agus berharap, Gubernur Kaltim dapat hadir dan memberikan sambutan di beberapa rangkaian acara prioritas. Seperti, Gala Dinner pada 13 Oktober 2022 untuk menyambut para tamu undangan, penanaman bibit pohon dan penutupan acara pada 14 Oktober 2022 untuk penyerahan bendera Pataka pada provinsi lain sebagai tuan rumah selanjutnya, PRB 2023. 

“Alhamdulillah, respon Gubernur sangat positif. Kalau pun beliau tidak bisa hadir karena ada urusan mendesak, akan diwakilkan langsung oleh Wakil Gubernur,” ujar Agus.



Kepada Diskominfo Kaltim, Agus juga menyampaikan, seluruh perwakilan BPBD dari 514 kabupaten/kota dan 34 provinsi se Indonesia siap hadir ke Balikpapan untuk memperingati PRB 2022. Gubernur Provinsi Sulawesi Selatan dan Gubernur Sulawesi Tenggara juga sudah terkonfirmasi hadir dalam peringatan PRB di Benua Etam.  

Bahkan perwakilan dari dua provinsi baru, yakni Papua Tengah dan Papua Selatan juga dipastikan hadir mengikuti pelaksanaan PRB sebagai perayaan hari besar bagi insan kebencanaan di tanah air.

Progress kegiatan sendiri sudah berjalan hampir 100 persen. Agus mengucapkan apresiasi kepada semua pihak yang berkenan membantu dan berkontribusi dalam pelaksanaan kegiatan. Terutama kepada Pemerintah Kota Balikpapan, Pemerintah Kabupaten Kutai Kartanegara (Kukar) dan Perangkat Daerah (PD) lingkup Provinsi Kaltim.

“Dalam rangkaian agenda field trip, kita difasilitasi oleh Pemkab Kukar disediakan bis dan konsumsinya. Juga semua pihak yang telah membantu, kami berterima kasih sekali,” ungkapnya. (KRV/pt)