Investasi

Road To Mahakam Investment Forum 2023 Undang Para Duta Besar Dan Sejumlah Investor Strategis

  •   Sefty Wulandari
  •   31 Agustus 2023
  •   11:55am
  •   Investasi
  •   541 kali dilihat

Road To Mahakam Investment Forum 2023 Undang Para Duta Besar Dan Sejumlah Investor Strategis

Jakarta - Sebagai bagian dari percepatan transformasi ekonomi berbasis sumber daya alam dan peningkatan aksesibilitas serta penguatan konektivitas infrastruktur regional, Pemerintah Provinsi Kalimantan Timur akan menggelar forum investasi yang mengembangkan industri manufaktur hilir, mempercepat aksesibilitas dan perbaikan infrastruktur.

Beberapa zona strategis dan proyek telah disiapkan untuk menampung investasi, terutama zona-zona yang dirancang sebagai zona terpadu yang berdekatan dengan jalur darat dan air, serta proyek-proyek terkait hilir industri manufaktur.

Zona-zona tersebut berbentuk zona ekonomi khusus, zona industri dan zona industri yang dirancang dengan fasilitas dan infrastruktur lengkap atau terpadu yang mendukung aktivitas industri.

Sementara itu, proyek-proyek strategis adalah peluang investasi yang telah dilengkapi dengan studi kelayakan awal untuk mendukung investor dalam mempertimbangkan proyek yang akan diinvestasikan.

Saat ini, proyek-proyek tersebut siap ditawarkan kepada investor dalam acara "Road to Mahakam Investment Forum" sebagai acara pra-"Mahakam Investment Forum" yang akan diselenggarakan pada tanggal 26 September 2023 nanti.

Gubernur Kalimantan Timur, Isran Noor yang dalam hal ini diwakili oleh Sekretaris Daerah Kaltim, Sri Wahyuni membuka secara resmi acara yang digelar di Hotel JW Marriot Jakarta, Kamis,(31/08/2023).

“Kalimantan Timur memiliki peluang yang tinggi pada sektor ekonomi. Kaltim berkomitmen membangun transformasi ekonomi dengan berbagai potensi investasi hilirisasi sumber daya alam yang ada di Kaltim, ” ujar Sekda Sri.

Pre-event ini perdana di selenggarakan. Kegiatan ini dihadiri oleh Para Duta Besar dari beberapa Negara dan Sejumlah Investor Strategis. Hadir pula para pembicara yang akan memaparkan peluang investasi ekonomi yang dirangkai pula dengan sesi diskusi dengan para investor setelahnya.

Dalam acara pra-"Road to Mahakam Investment Forum" ini, akan ada proyek-proyek dan zona-zona yang akan menjadi sorotan oleh manajemen proyek atau pemilik pada tanggal 31 Agustus 2023 dengan tema “Blue and Green Economic Investment Toward the Sustainable Economic Development in East Kalimantan” atau Investasi Ekonomi Biru dan Hijau Menuju Pembangunan Ekonomi Berkelanjutan di Kalimantan Timur.

“Kami berharap melalui forum ini dapat memfasilitasi investor potensial yang dapat dipresentasikan dalam agenda "Mahakam Investment Forum" yang akan diselenggarakan pada tanggal 26 September 2023 di Jakarta bulan depan,”pungkas Sekda Sri.

Turut hadir dalam agenda pertemuan global ini yaitu dari Kementerian Investasi RI / BKPM yang diwakili oleh Direktur Perencanaan Jasa dan Kawasan BKPM RI Noor Fuad Fitrianto, KPw Bank Indonesia Kalimantan Timur Budi Widihartanto, Kepala DPMPTSP Kaltim Puguh Hardjanto, dan seluruh tamu undangan. (sef/pt)

Foto: Adg