Investasi

Investasi Terus Mengalir di Bumi Etam, Pemprov Kaltim Harapkan Peningkatan Kesejahteraan Masyarakat

  •   Khajjar Rohmah
  •   8 Oktober 2023
  •   10:46am
  •   Investasi
  •   375 kali dilihat

Samboja - Investasi terus mengalir ke Bumi Etam. Sejalan dengan masuknya investasi tersebut, diharapkan dapat membawa dampak positif dan kesejahteraan bagi masyarakat.

Terbaru, investasi senilai USD 50 juta masuk ke Kaltim melalui pembangunan pabrik PT Asa Karya Multipratama (AKM) di Samboja, Kutai Kartanegara (Kukar). Hadirnya  pabrik ini diproyeksikan dapat mengurangi impor bahan peledak di Indonesia.

Mewakili Penjabat (Pj) Gubernur Kaltim Akmal Malik, Asisten Perekonomian dan Administrasi Pembangunan Kaltim Ujang Rachmad menyebut, pembangunan pabrik AKM menjadi bukti investasi di Kaltim terus bergerak. Ketika investasi bergerak maju, kata dia, pertumbuhan ekonomi juga akan meningkat. Apabila pertumbuhan ekonomi meningkat, sambung Ujang, maka kesejahteraan masyarakat diyakini juga akan baik.

"Kami yakin dan percaya dibangunnya pabrik ini memberikan manfaat besar bagi Indonesia, terutama masyarakat Kaltim," kata Ujang Rachmad saat groundbreaking pembangunan pabrik PT Asa Karya Multipratama di Kelurahan Karya Merdeka, Kecamatan Samboja Barat, Sabtu (7/10/2023).



Ujang Rachmad juga menyoroti dampak positif lainnya dari proyek ini. Dia mengungkapkan, selama ini Indonesia mengimpor bahan peledak. Dengan adanya pabrik di Kaltim, diharapkan dapat memenuhi kebutuhan dalam negeri dan mengurangi impor bahan peledak.

Kehadiran PT AKM juga dapat membuka peluang kerja bagi masyarakat lokal. Sehingga perekonomian masyarakat setempat  bisa meningkat. Di samping itu, pembangunan pabrik di Samboja menjadi simbol dukungan dan kontribusi perusahaan atau investor menyukseskan Ibu Kota Nusantara (IKN).



Presiden Direktur PT AKM Deden Kurdinawan menjelaskan, lahan yang akan digunakan seluas 18 hektare meliputi pabrik booster, pabrik detonator, gudang penyimpanan hasil bahan peledak, dan gudang bahan baku sampai tempat pengetesan bahan peledak. Groundbreaking pabrik PT AKM dihadiri langsung oleh Ketua MPR RI Bambang Soesatyo. (*/pt)

Sumber: Biro Adpim Setdaprov Kaltim