Informasi

Optimalkan Kebijakan Dengan Data Gender dan Anak yang Terpiilah

  •   prabawati
  •   23 April 2024
  •   8:39am
  •   Informasi
  •   183 kali dilihat

Balikpapan - Tersedianya Data Gender dan Anak secara terpilah merupakan langkah penting dalam mendukung Implementasi Pengarus Utama Gender dan Anak.

Dalam upaya meningkatkan SDM Data Terpilah Gender dan Anak di Perangkat Daerah Provinsi Kalimantan Timur, Dinas Kependudukan, Pemberdayaan Perempuan, dan Perlindungan Anak (DKP3A) Kaltim mengadakan kegiatan Bimbingan Teknis Data Terpilah Gender dan Anak Perangkat Daerah Provinsi Kalimantan Timur yang dilaksanakan di Hotel Gran Senyiur, Selasa (24/4).

Dalam arahannya Kepala DKP3A Kaltim, Noryani Sorayalita menyoroti pentingnya memiliki data yang terpilah dan lengkap untuk mendukung pengambilan kebijakan yang berpihak pada gender dan anak. Menurutnya, data primer dan sekunder memiliki peran krusial dalam proses pengambilan keputusan.

Peraturan Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Nomor 4 tahun 2023 menekankan perlunya tata kelola yang baik dan ketersediaan data gender dan anak untuk keperluan kebijakan.

"Saat ini, tidak semua instansi memiliki data terpisah yang lengkap," ujar SorayaData statistik terpisah antara gender dan anak sangat penting untuk pengambilan kebijakan yang tidak berpihak pada gender.

Sementara Kepala Bidang Sistem Informasi gender dan Anak, Aulia Rina Nova menambahkan bahwa kegiatan ini bertujuan untuk mendorong transparansi data gender dan anak guna mendukung responsif gender dan kepedulian terhadap anak dari pihak pemerintah.

Komitmen yang kuat dari semua pemangku kepentingan diperlukan untuk meningkatkan ketersediaan data gender dan anak di Provinsi Kaltim.

Peserta berjumlah 40 orang terdiri dari Perangkat Daerah dan Pejabat esslon 3 DKP3A dan menghadirkan narsumber dari Fasilitator Nasional PUG /PPRG Jakarta dan Akademisi Provinsi Kaltim. (Prb/ty).